Review

Black Fantasy – Kencana

Judul Album : Kencana
Artis: Black Fantasy
Label: Music Box
Tahun Rilis  : 1987

TRACKLIST
1.Buat Kamu
2.Nada Ria
3.Sapa Pertiwi
4.Highway
5.Kencana
6.On My Own
7.Diego
8.Nurani
9.Break Time
10.Adakah Cinta

black-fantasy-kencanaBlack Fantasy adalah grup yang memainkan Latin Fusion. Pianis Luli Widharmadi dan perkusionis Adi Prasojo setidaknya adalah personil yang cukup  banyak memberikan aura Latin Fusion itu dalam tata musik kelompok yang terdiri atas Luli Widharmadi (piano,keyboards), Angkie BP (gitar), Adi Prasodjo (perkusi), Yayang (drums), Surez Ariesta (bass), Binu (vokal), Kemala Ayu (vokal) serta brass section: Dandun Sampurno (flute,saxophone), Rio Ismawan (trumpet) dan Akhiruddin (trombone).

Sebetulnya ini bukan formasi asli Black Fantasy. Yayang menggantikan Uce Haryono yang tengah sibuk dengan Karimata, Emile S Pradja tengah terikat kontrak sebagai penyanyi solo pada label Granada dan digantikan oleh Kemala Ayu.

Pengaruh musik Latin ala Paquito D’Riviera hingga Tania Maria banyak terselip pada gaya bermusik Black Fantasy.

Kehadiran Achmad Albar sebagai bintang tamu pada lagu “Sapa Pertiwi” mungkin sengaja untuk mencuri perhatian khalayak.

Permainan piano Luli Widharmadi patut diakui cukup dominan disini. Tapi Black Fantasy tampak tidak total di album ini. Mereka harus membagi sisi idealisme mereka dengan sisi pop. Setidaknya ini terasa jika menyimak lagu seperti “Nada Ria” yang kental pengaruh Tania Maria-nya.maupun Buat Kamu dan “Adakah Cinta”.

Untungnya beberapa karya instrumental seperti “Diego”,”Highway” dan “Break Time’ bisa menghapus dahaga para penggemar musik  fusion. Ada kesan mereka pun sering menyimak karya Spyrogyra maupun Gato Barbieri.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker