Review

Rien Djamain – Telah Berlalu

rien_jackJudul Album: Telah Berlalu
Artis: Rien Djamain
Label: Pramaqua
Tahun: 1979

Tracklist
1. Telah Berlalu
2. Masa yang Indah
3. Bahagia Bukan Milikku
4. Yang Ditunggu
5. Bila Hujan Turun
6. Esok Hari Yang Pertama
7. Kau
8. Bintang Dan Bunga
9. Lestari
10. Takkan Terulang Lagi
11. Senyumanmu
12. Sumbang Kasihku
13. Setangkai Bunga

Sejak berhasil menuai sukses lewat album “Api Asmara” (1975), kerjasama antara Jack Lesmana dan penyanyi Rien Djamain tampaknya terus berlanjut. Musik yang dikedepankan tetap bergelayut pada zona pop jazz. Jack Lesmana tampak konsisten memilah sajian musiknya dalam tatanan pop dengan sentuhan jazz. Pilihan yang paling jelas adalah menyemaikan karakter bossanova dan beberapa sentuha samba. Sebuah sajian jazz yang tidak membuat penyimak awal musik jazz menjadi bingung.

Karakter vokal Rien Djamain yang lembut serta aksentuasi yang jelas dan bening menjadikan album ini bisa menemani penyimaknya dalam keadaan apapun.

Semua lagu ditulis dalam lirik berbahasa Indonesia bahkan lagu standar jazz “Here’s That Rainy Day” yang ditulis oleh Jimmy Van Heusen dan Johny Burke di tahun 1953 justru diterjemahkan menjadi “Bila Hujan Turun”. Agak janggal memang. Strategi seperti ini tampaknya merupakan upaya Jack Lesmana untuk lebih memasyarakatkan gaung musik jazz itu sendiri. Seluruh aransemen musik di album ini ditulis oleh Jack Lesmana termasuk dua lagu ciptaannya yakni “Bintang dan Bunga” serta “Lestari”.

Dan yang pantas dicatat sederet pemusik jazz dari berbeda generasi ikut mendukung album Rien Djamain “Telah Berlalu” ini. Mulai dari Jack Lesmana (gitar,bass), Victor Rompas (gitar), Ronny Isani (bass), Indra Lesmana (organ,piano), Karim Thess (flute,saxophone), Karim Suweileh (drums), Eddy Tulis (drum), Alex Faraknimella (piano,keyboards) dan Bubi Chen (piano elektrik).

Sebuah lagu bernuansa instrumental “Sumbang Kasihku” merupakan wahana bagi para pemusik jazz ini berdialog dengan instrumen musik masing-masing. Sebuah suguhan jazz yang monumental tentunya.

One Comment

  1. Mohon informasi koleksi album lawas seperti Rien Djamain ini bagaimana mendapatkannya? Radio kami menyiarkan program Jazz Spot setiap hari selama 2 jam, yang tentu saja memerlukan koleksi album jazz yang cukup. Sekiranya ada informasi mohn dikirimkan.

    Salam Jazz,

    Uzi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker