Review

Jacky Bahasoan – Gairah Baru

Judul Album  : Gairah Baru
Artis             : Jacky Bahasoan
Label            : Purnama Record
Tahun Rilis   : 1981

Tracklist
1. Gairah Baru
2. Kata Hati
3. Cinta Hidupmu
4. Gerbang Dusta
5. Datanglah Ke Desa
6. Sri Panggung
7. Sibakkan

Bagi yang sering berkunjung  ke Green Pub yang berada di kaki Djakarta Theater pada awal  dekade 80-an pasti sudah sangat mengenali lelaki bertubuh jangkung dengan rambut kribo. Dan sepintas dia memang mirip Afroamerican. Dia adalah Zaki Bahasoan tapi lebih dikenal sebagai Jacky.

“Gairah Baru” adalah debut album solonya yang dikawal Fariz RM sebagai penata musik. Musiknya pun menyeruak dari pola funk serta  jazz rock  dan kadang menyentuh zona Brazillian music seperti samba. Fariz RM yang memainkan keyboards termasuk teliti memilih pendukung musik yaitu  didukung oleh Oetje F Tekol (bas), Harry Soebardja (gitar) dan Karim Suweileh (drums).
Dalam beberapa komposisi lagu yang terdapat di album ini Fariz RM terlihat ingin mencoba  menampilkan gaya glissando saat melakukan solo synthesizers.Agaknya Fariz RM banyak terpengaruh  dengan gaya permaianan keyboards ala Chick Corea.Sinkopasi yang runut antara bass dan drums yang dimainkan Oetje F Tekol dan Karim Suweileh menambah aksentuasi rhythm section pada tiap lagunya.
Salah satunya bisa disimak pada lagu “Gairah Baru” yang ditulis Oetje F Tekol bersama Rudi Pekerti.Aroma jazz rock dengan beat samba yang enerjik termaktub pada lagu “Sri Panggung” yang berada di sisi B.Harry Soebardja seperti mengingatkan kita pada gaya solo gitar jazz rock ala Barry Finerty yang pernah tergabung dalam grup latin jazz rock Caldera.
Aroma jazz rock yang kental juga terasa pada lagu “Sibakkan”.Sesekali Jacky menghadirkan scatting ala Al Jarreau juga.
Hadirnya Rudi Pekerti sebagai penulis lirik dalam beberapa lagu di album ini seperti “Sri Panggung”,”Gairah Baru” ,”Kata Hati”,”Gerbang Dusta” ,”Sibakkan”dan “Datanglah Ke Desa” membuat album ini terasa bernas.Karena torehan lirik kata per kata tak hanya sekedar untuk menyesuaikan bunyi-bunyian dengan melodi yang telah tercipta sebelumnya.Rudi cukup kaya dalam gagasan tema dan ungkapan yang mengena.Misalnya lagu “Datanglah Ke Desa” .
Jacky sendiri berhasil memperlihatkan jatidiri vokalnya,setelah sebelumnya seringkali terbelunggu sebagai penyanyi cover version yang berupaya untuk  memiripi Al Jarreau hingga George Benson.

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?