Review

Halmahera – Kuyakini

Halmahera - Kuyakini
Halmahera - Kuyakini

Judul Album : Kuyakini
Artis          : Halmahera
Tahun Produksi : 1995
Produser           : Halmahera
Produksi           : Ceepee Production

Track List
1. T’RUS KUCOBA
2. KUYAKINI
3. ITULAH ENGKAU
4. GUNDAH
5. TAKKAN MUNGKIN BERUBAH
6. SABTU MALAM
7. MUNGKIN ADA SAATNYA
8. KEMBALILAH KASIHKU
Halmahera adalah band jazz fusion yang memulai langkah awalnya dari ajang kompetisi band yang digelar sebuah perusahaan instrumen musik Jepang “Light Music Contest” atau “Band Explosion” dan menetaskan beberapa band fusion seperti Krakatau, Black Fantasy,Emerald,Indonesia Enam,Canizarro ,Modulus,Kahitna dan masih banyak lagi.
Halmahera memang tak berhasil menjuarai ajang musik bergengsi itu. Namun musikalitas Halmahera mulai banyak dibidik penikmat musik jazz fusion.
Terdiri atas Tohpati Ario Hutomo (gitar),Indro Hardjodikoro (bass) ,Ari Darmawan Soemantri (keyboards,piano) dan Feber Manalu (drums). Saat itu mereka memang banyak terpengaruh grup fusion Jepang Casiopea maupun Uzeb dari Kanada.
Corak permainan gitar elektrik Tohpati memang mengarah ke gaya fusion melodius tapi berkesan gagah. Indro Hardjodikoro sendiri sebagaimana galibnya para pencabik bass genre jazz rock atau fusion banyak bersandar pada pola funk yang dinamis dan agresif. Setidaknya jika menyimak album ini kita bisa menangkap harmoni pop yang berbaur dengan aksentuasi jazzy dan terkadang banyak mengimbuhkan sinkopasi. Tohpati, Indro dan Ari bahkan telah memperlihatkan kemahiran menulis komposisi sendiri.
Di album yang diberi judul Kuyakini ini, Halmahera menyajikan sebanyak 8 komposisi yang mereka tulis sendiri.Namun untuk divisi lirik Halmahera masih membutuhkan bantuan dari luar seperti Dian Savitri dan Adelansyah.Yang disebut terakhir adalah penulis lirik yang kerap membantu album grup fusion lainnya Modulus.
Tema lirik yang disuguhkan Halmahera memang tak terlalu istimewa. Bertutur tentang asmara dan segala pernak perniknya. Tapi yang menonjol adalah kreativitas menulis lagu. Itu diperlihatkan secara pasti oleh Halmahera yang juga didukung oleh penyanyi tamu Diana Anyes Sudardi. Terdapat pula beberapa pemusik tamu seperti Krisna Balagita (piano elektrik),Didiet Maruto (trumpet) dan Pramono (trombone) serta dua penyanyi latar Pitta Lopies dan Laksmi Nurulsuci.
Saat itu lagu “Kuyakini” dan “Kembalilah Kasihku” kerap diudarakan beberapa radio swasta di Jakarta,Bandung dan kota kota besar lainnya.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?