Review

Karimata – Pasti

Karimata - Pasti
Karimata - Pasti

Judul Album :
Artis : Karimata
Tahun Rilis : 1987
Produksi : ProSound

Tracklist
1. DAHAGA (Erwin Gutawa)
2. KISAH KEHIDUPAN (Erwin Gutawa & Harry Kiss) feat. Harvey Malaihollo
3. RINDU (RAINY DAYS AND YOU) (Aminoto Kosin) feat. Embong Rahardjo (sax)
4. YANG TERJADI (Candra Darusman & Dedi Nyantunk) feat. January Christy & Ricky Basuki.
5. TAKE OFF (Aminoto Kosin) feat. Embong Rahardjo (saxophone)
6. BY YOUR SIDE (Candra Darusman) feat. La Storia
7. LET ME (Candra Darusman)
8. HARI INI MILIK KITA (Erwin Gutawa & Dedi Nyantunk) feat. Lydia Nursaid
9. PASTI (Aminoto Kosin & Erwin Gutawa)

Para personil Karimata saat itu tak berlebihan jika disebut sebagai dream team. Karena didalamnya berkumpul Candra Darusman leader dari kelompok vokal jazzy Chaseiro, Aminoto Kosin pemusik yang baru saja menyelesaikan studi di Berklee Music Of College Boston, Denny TR yang pernah memperkuat band Hydro serta dua pemusik yang pernah mendukung grup jazz fusion Transs yaitu Erwin Gutawa (bass) dan Uce Haryono (drums).

Musik yang dipilih Karimata saat terbentuk pada tahun 1985 adalah jazz fusion. Genre musik yang tengah berkibar pada paruh era 80-an.

Kemampuan individu yang diatas rata-rata menjadikan Karimata dengan sangat cepat meraih simpati publik penggemar musik jazz. Candra Darusman, Erwin Gutawa dan Aminoto Kosin yang terlihat banyak menuliskan komposisi di album perdana Karimata ini.

Untuk mampu menerobos ke pasar yang lebih luas,di album ini terlihat ada semacam pembahagian antara lagu instrumental dan lagu yang berlirik.

Karimata bahkan meminta dukungan dari sederet penyanyi penyanyi sohor saat itu seperti Harvey Malaiholo yang menyanyikan lagu “Kisah Kehidupan” dengan disusupi sinkopasi yang menggairahkan.

Ada juga duet Ricky Basuki dan January Christy yang terasa kontras pada lagu “Yang Terjadi”. Duet ini memang terasa unik. January Christy terdengar berkarakter vokal lebih berat, sedangkan Ricky Basuki banyak menggunakan teknik falsetto (suara palsu). Juga ada vokal grup La Storia yang mengingatkan kita pada gaya vokal Brazillian Sergio Mendes lewat lagu “By Your Side”. Lydia Noorsaid dari The Big Kids pun menampilkan melisma vokal yang menawan pada lagu “Hari Ini Milik Kita”.

Karimata memang memberi keleluasaan dalam sajian musiknya. Mulai dari yang bercorak funk, rhythm n’blues hingga Latin jazz yang eksotis.

Lagu instrumental yang membuka isi album ini meruapakan karya Erwin Gutawa bertajuk “Dahaga” yang sebelumnya pernah dinyanyikan Atiek CB dalam salah satu album solonya.

Sebuah ballad yang membuai bisa kita simak pada komposisi instrumental karya Aminoto Kosin ” Rindu (Rainy Days And You” dengan memberikan ruang yang penuh bagi almarhum Embong Rahardjo lewat penampilan solo saxophonenya.

Tiupan saxophone Embong pun masih bisa kita simak dalam sebuah instrumental fusion bertajuk “Take Off” karya Aminoto Kosin. Notasi solo yang diajukan Embong terasa kaya dan seduktif. Sebuah karya instrumental yang hidup dan memiliki atmosfer yang riang.

Sebagai debut album,”Pasti” menjanjikan banyak hal terutama eksistensi Karimata seterusnya. Hingga kini masih banyak penggemar Karimata yang menantikan reuni band ini.Dan album “Pasti” ini pun telah dibuat dalam bentuk cakram padat pula.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. ok, saya sangat respek dan ingin segera hunting CD tsb, saya juga ingin mendatangkan “karimata Band ” di kota saya, karena saya ingin sekali menampilkan reunian karimata di publik jazz lovers surabaya .Bila anda bisa memberi informasi ,tolong kontak saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker