Review

Emile S Pradja – Lepaskan Daku

Emile S. Pradja - Lepaskan Daku
Emile S. Pradja - Lepaskan Daku

Judul Album : Lepaskan Daku
Artis : Emile S Pradja
Label : Bulettin
Tahun Rilis : 1989

Tracklist

1.Lepaskan Daku
2.Tulus Darimu
3.Kupasti
4.Tiga Tahun
5.Cinta dan Kesetiaan
6.Adakah Pelangi
7.Mungkin Kujatuh Cinta
8.Keluh
9.Gairah
10.Selamat Datang Kasih

Sebelum melangkah ke industri musik rekaman, penyanyi Emile S Pradja lebih banyak menelusuri suasana malam di Jakarta dengan bernyanyi di beberapa hotel serta pub. Emile di era 80-an pun lebih dikenal sebagai salah satu vokalis dari Black Fantasy, kelompok latin jazz yang dimotori Dandun Sampurno dan Luli Widharmadi.

Warna vokalnya yang berat dan rendah merupakan pesona tersendiri terutama ketika Emile harus membawakan beberapa repertoar jazz.

Di panggung jazz,Emile S Pradja kerap menjadi impersonator Tania Maria, sosok penyanyi sekaligus pianis jazz Brazillia dengan suguhan jazz tropikalnya seperti hitsnya “Come With Me Now” maupun ” Funky Tambourin”. Dengan inspirasi dari Tania Maria ,akhirnya Emile S Pradja pun ditawari untuk membuat album solo yang bernuansa lirik Indonesia.

Walaupun awalnya terdengar aneh,toh Emile S Pradja berhasil memperlihatkan kemampuan vokalnya.Tekstur vokal Emile pun terasa lebih lentur.

Di albumnya ini sebagian besar lagu-lagu yang dikumandangkan Emile S Pradja lebih mengarah ke ranah Brazil yang diwakili gaya Samba maupun Bossa Nova.Tapi tak berarti Emile S Pradja tak bisa menampilkan elemen funky yang ekspresif.

Tampaknya penggagas album Emile S Pradja ini ingin memberikan sentuhan eksklusif.Terlihat dari banyaknya pemusik jazz yang ikut mendukung penggarapan album ini.

Pada sektor keyboard ada Indra Lesmana, almarhum Chandra Chasmala, Dwiki Dharmawan, Christ Kaihatu dan Chaerul. Lalu pada bass elektrik ada Yance Manusama, AS Mates dan Bintang Indrianto. Kemudian pada drum ada Karim Suweileh, Inang Noorsaid, Zaenuri, Aldy dan Budhy Haryono serta almarhum Embong Rahardjo dan almarhum Udin Sach yang membagi diri memainkan flute dan saxophone.

Bertindak sebagai music director adalah Joko WH, gitaris Bhaskara Band yang selain memetik gitar elektrik juga ikut memainkan bass elektrik.

Meskipun Emile S Pradaja tampil dengan musik jazz yang terlalu berat, tapi Emile telah mampu mensejajarkan diri dengan penyanyi jazz sebelumnya seperti Margie Segers,Rien Djamain maupun Ermy Kullit.

Lagu “Lepaskan Daku” yang ditulis Candra Darusman dan “Tulus Darimu” yang ditulis Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun merupakan highlight di album ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker