Review

Indra Lesmana – From Sydney With Jazz

Indra Lesmana - From Sydney with Jazz
Indra Lesmana - From Sydney with Jazz

Judul Album : From Sydney With Jazz
Artist : Indra Lesmana
Label : Suara Irama Indah
Tahun : 1982

Track List

1.Yesterday
2.The Way We Were
3.Still
4.Wave
5.Impromptu
6.Venus
7.Autumn Leaves
8.Children of Fantasy
9.Gambang Suling
10.More

Album bertajuk “From Sydney With Jazz” ini dibuat di saat Indra Lesmana masih bermukim di Sydney bersama keluarganya Jack Lesmana dan Nien Lesmana serta kakaknya Mira Lesmana,yang saat itu ikut menemani Indra Lesmana yang tengah mengikuti program beasiswa “Jazz Studies”.

Disini Indra Lesmana yang berusia 16 tahun memainkan beberapa komposi musik pop, juga jazz standar serta beberapa karya originalnya sendiri diatas tuts electric grand piano secara solo.

Kemampuan seorang pianis jazz dalam memainkan piano teruji lewat penampilan secara solo. Karena dengan piano solo, sang pianis harus tampil secara utuh mulai dari rhythm section hingga saat melakukan penelusuran notasi melodinya. Jelas ini merupakan tantangan berat, apalagi untuk pianis jazz belia seusia Indra Lesmana saat itu.

Namun, setelah menyimak permainan Indra Lesmana di album ini kita pun sama sama mengakui bahwa Indra memang seorang pemusik jazz jenius yang telah terlatih bermain jazz saat masih bocah ingusan.

Beberapa karya pop standar dimainkan Indra Lesmana dalam sentuhan yang hangat dan bersahabat semisal “Yesterday” (The Beatles),”The Way We Were” (Barbra Streisand) maupun “Still” (Commodores).

Tak ketinggalan interpretasi piano solo terhadap karya bossanova legendaris milik Antonio Carlos Jobim bertajuk “Wave”. Lagu ini awalnya bertajuk “Vou Te Contar” yang pertamakali dibawakan Jobim secara instrumental pada tahun 1967. Kemudian diterjemahkan menjadi “Wave” ketika Frank Sinatra menyanyikan lagu yang romantis itu dalam bahasa Inggeris pada tahun 1969. Lalu Indra Lesmana mulai menembus wilayah musik etnik dengan menafsir ulang lagu “Gambang Suling” karya Ki Narto Sabdo.

Tak ketinggalan Indra menyisipkan dua kompoosisi karyanya sendiri masing-masing “Children Of fantasy” dan “Venus”.Jika  kita menyimak secara seksama maka kita akan menemukan pengaruh notasi yang kerap menjadi ciri Chick Corea. Hal ini lumrah, karena di saat itu Indra Lesmana memang tengah menggandrungi karya karya Chick Corea yang khas itu. Dan hal ini memang masih dalam taraf yang wajar, karena dalam usia semuda itu jelas Indra masih tengah mencari jati diri musikal.

Jika anda ingin menelusuri karya karya jazz di awal karir musik Indra Lesmana, maka album ini semestinya telah anda simak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker