Review

Monita Tahalea – Dream, Hope & Faith

Album: Dream, Hope & Faith
Label : Inline Music/Demajors, 2010

1. Kisah Yang Indah
2. Ingatlah
3. Over the Rainbow
4. I Love You
5. Senja
6. God Bless the Child
7. Hope
8. Di Batas Mimpi

Monita - Dream, Hope & Faith
Monita - Dream, Hope & Faith

Biduan remaja bernama lengkap Monita Angelica Maharani Tahalea (Monita Tahalea, Monita, Momon) memang dikenal publik lewat kiprahnya dalam ajang Indonesian Idol kedua, sekitar lima tahun lalu. Waktu itu vokalnya sudah menunjukkan karakter jazzy, meskipun masih terasa nanggung dan gamang. Contohnya pada daur-ulang lagu “Keliru” milik Ruth Sahanaya dalam album Seri Cinta oleh Finalis Indonesian Idol 2 (Sony Indonesia, 2005). Entah kebetulan atau bukan, kala itu adalah Indra Lesmana selaku juri – sekarang menjadi produser dan penata musik album debut Monita bertajuk Dream, Hope & Faith. Pada album ini kentara bahwa Monita semakin dewasa mengolah vokal, dan beruntung ia mendapat dukungan musisi-musisi berpengalaman sehingga dirinya mampu tampil maksimal.

Hal pertama yang menarik adalah pada kemasan fisik album ini, bentuknya mirip sebuah undangan berhias senyum siput Monita. Bookletnya seukuran kertas A3 terlipat enam sama sisi, tercantum lengkap informasi dan lirik seluruh lagu yang total berjumlah delapan. Peran Indra Lesmana patut diacungi jempol, garapan musik di album ini terasa halus serta pas dengan suara Monita yang manis dan menyejukkan. Monita turut ambil bagian menulis lirik, simak pada trek pembuka “Kisah Yang Indah”, juga “Senja”, dan “Hope”. Dewa Budjana menyumbang permainan gitar akustik dalam nomor berirama catchy, “Ingatlah” sedangkan Aksan Sjuman memukul drum dengan santai pada tembang “I Love You” dan lagu pertama.

Penggemar jazz bolehlah menyimak interpretasi naratif pada komposisi “Over the Rainbow” karangan Harold Arlen/ E.G. Harburg serta “God Bless the Child”, besutan Arthur Herzog, Jr. dan Billie Holiday, salah satu figur panutan Monita. Meskipun kedua lagu tersebut sering dinyanyikan ulang oleh banyak penyanyi, namun Monita berhasil memberi sentuhan personal. Bait demi bait mengalun lembut penuh makna. Terima kasih untuk jentikan gitar Oele Pattiselanno yang juga ikut “bernyanyi” liris.

Dream, Hope & Faith adalah langkah awal yang cukup baik untuk Monita, ia bernyanyi sesuai kapasitasnya, tanpa perlu “gimnastik vokal” ataupun scat singing asal-asalan yang sering ditemui pada banyak penyanyi jazz(?) dalam negeri – dalam bahasa gaul: lebay. Lewat album ini, keindahan justru ditunjukkan dalam kesederhanaan. Manis!

Musisi pendukung

Indra Lesmana (kibor, programming)
Oele Pattiselanno, Dewa Budjana, Bernie (gitar)
Donny Sundjoyo (kontrabas)
Aksan Sjuman (drum)
Eki Puradireja (lirik untuk lagu “Di Batas Mimpi”)

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

3 Comments

  1. u have to buy this album… because it’s so simple but amazing… i have listened it,and i like it, and now u have to listen it!!!!

  2. Amazing Talent, Great Musicians, everlast Music …
    Salah satu album terhebat yang pernah saya dengar,
    Simpel But so cathcy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker