Review

Monty Alexander – Uplift

Track Listing:
Come Fly With Me; One Mint Julep: Renewal; Sweet Georgia Brown; I Just Can’t See For Lookin’; Django; Body and Soul; Hope; Home; Fungi Mama.

Personel:
Monty Alexander: piano;
Hassan Shakur: bass;
Herlin Riley: drums;
Fritz Landesbergen: drums (1, 6).

Tidak mudah memposisikan pianis Monty Alexander, pria asal Jamaika yang namanya masuk dalam lima besar dalam buku Hal Leonard –  The 50 Greatest Jazz Piano Players of All Time, karena 62 rekamannya semuanya termasuk kategori “bagus”. Pun ketika proyek album perdana dilabel JLP ini digarap bersama partnernya bassis  Hassan Shakur dan drummer Herlin Riley – yang telah merekam sejumlah album bersama Wynton Marsalis.

Seperti paradigma yang selalu ditekankan dan ditemukan dalam Jazz, bahwa meski lagu yang sama dibawakan oleh artis yang sama, experiencenya berbeda tatkala kita menikmatinya, termaktub pula dalam susunan lagu-lagu yang dimainkan dialbum ini.

“Come Fly with Me” – nomor yang selalu mengingatkan kita pada Sinatra – yang bukan secara kebetulan merupakan penghormatan pada penyanyi ngetop ini, tapi juga karena Sinatra merupakan salah satu penggemar Monty dan mendengarkan nomor standard ini seolah memposisikan Alexander berada di level yang sama dengan sang fans.

Kita tahu bahwa kekuatan Alexander memang pada Trio-nya. Solo drum yang bisa kita nikmati pada track  “Sweet Georgia Brown atau permainan piano bertempo waltz pada “Body and Soul” maupun interpretasi “Django”, milik John Lewis memang terasa hidup karena sebagian besar karya yang dimainkan dialbum ini diambil dari konser Live Monty Alexander.

Di Jamaika, Monty Alexander dianugerahi penghargaan tertinggi – Commander in The Order of Distinction – untuk perannya sebagai duta musik dunia asal Jamaika. Uplift dapat dikatakan sebagai dokumentasi teranyar yang menempatkan piano (dan pianisnya) dalam semangat baru.
Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker