Review

Logic? – The Hierarchy

Album: The Hierarchy
Label: Guitar Nine Records, 2010

1. North Gate
2. Abrakababra
3. Gavatron
4. Ella-gance
5. The Hierarchy
6. Makati
7. A Shade of Jade – Bass Intro
8. A Shade of Jade
9. Broken

Logic - The Hierarchy
Logic - The Hierarchy

Terlahir di negeri kanguru pada awal milenium ketiga, hingga kini grup Logic? Terus melaju dalam energi jazz-rock-fusion. Sebelum The Hierarchy, band ini telah merilis tiga buah album; Logic?, The Waiting Game, dan Native Strut (Guitar Nine Records, 2002, 2004, 2008).

Dedengkotnya ialah gitaris/komposer yang bermukim di Melbourne, Australia, Glenn Cannon yang ide-ide briliannya dapat disimak lewat permainan gitar atraktif pun komposisi cemerlang.

Dalam The Hierarchy, tercantum sembilan trek gubahan asli Glenn yang ia bawakan bersama  Tim Wilson (saksofon, flute, klarinet) Dane Alderson (bas elektrik), Ben Vanderwal (drum), serta Dan Beasy (trumpet dan flugelhorn). Jentikan gitar nilon menghiasi nomor depan “North Gate” yang berirama hispanik dengan sukat ireguler terhembus saksofon sopran Tim.

Berlanjut kepada deru fusion “Abrakababra” melibatkan trumpeter Dan Beasy yang muncul kembali dalam alunan halus “Ella-gance” pun sinkopasi “Makati.”

Renyahnya adukan gitar Glenn dapat disimak atas “Gavatron,” juga atraksi olah bunyi pula teknik bas elektrik Dane pada title track “The Hierarchy” yang pola ritmenya terdengar kompleks.

Jika ingin menyaksikan luwes dan presisi gebukan drum Ben, putarlah trek penutup “Broken” yang meliputi interaksi kontrapungtal gitar-saksofon berikut frase-frase unison memikat.

Personil

Glenn Cannon: gitar
Tim Wilson: saksofon, flute, klarinet
Dane Alderson: bas
Ben Vanderwal: drum
Dan Beasy: trumpet, flugelhorn (trek 2, 4, 6)

***

Sempat meramaikan Java Jazz Festival 2008 lalu, band ini akan kembali hadir di Indonesia. Saksikan aksi panggungnya pada seri kedua Bekasi Jazz Festival, 8-9 Oktober 2011. Logic? dijadwalkan tampil di hari pertama berkolaborasi dengan grup lokal The Sweet Voices.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker