Review

Al Di Meola – Pursuit of Radical Rhapsody

Al Di Meola - Pursuit of Radical Rhapsody.jpg
Al Di Meola - Pursuit of Radical Rhapsody

Michelangelo’s 7th Child” adalah dedikasi bagi figur ayah dalam kehidupan Al Di Meola. Kakeknya bernama Michelangelo dan sang ayah adalah anak ke tujuh dari 13 bersaudara. Orkes gesek jadi pijakan kilas balik tersebut dengan genderang tambur membuka tirai opera dan gaung lonceng berbalas gema permainan kanonikal, grand overture. Warna sentimental akordeon yang sesekali bersilangan dengan violin menjadikan simfoni mini ini sarat imajinasi dramatis. Akordeon dengan deret tuts seperti kancing (lebih mirip bandoneón) yang dimainkan Fausto Beccalossi memang secara alami punya karakter klasik, bawa asal-muasal tradisi diaspora Latin saat liuk legato bergulung-gulung kilat. Permainan teksturalnya kembali ketat imbangi solo gitar saat “Full Frontal Contrapuntal” meluncur.

Proyek World Sinfonia ini memang mengingatkan akan ensambel tango Ástor Piazzolla. Namun, Al Di Meola membawa dimensi progresif dengan bagian-bagian yang saling lepas, nyaris mandiri, misalnya pada trek pembuka “Siberiana” yang sekaligus mewakili dominasi warna suara gitar akustik nilon yang seringkali dikawinkan dengan efek suara steel drum maupun distorsi lewat kendali pijakan pedal. Ia pun menjelajahi ballad jazz dalam interpretasi ulang “Strawberry Fields” dan “Over The Rainbow“. Pada kedua nomer tersebut, Charlie Haden tampil memberikan pungtuasi lewat betotan upright bass-nya yang jauh dari hambur nada. Bintang tamu lainnya adalah Peter Erskine yang lebih banyak memainkan simbal dengan aksen rapat di latar. Kita dapat pula menyimak pianis Gonzalo Rubalcaba dalam bayang-bayang flamenco yang kuat saat “Radical Rhapsody” dimainkan.

Kontras dengan predikat shredding cepat dan presisi dari sang virtuoso gitar ini, album “Pursuit of Radical Rhapsody” cukup ambisius untuk mengejar pula pengalaman dari menyimak karya kalem, yaitu saat kecepatan tak lantas berarti apa-apa tanpa nalar melodi yang cerdas. Dalam nominasi Latin Grammy 2011 lalu sempat bersaing nama-nama besar Chick Corea (bersama Stanley Clarke dan Lenny White), Omar Sosa, dan Al Di Meola untuk kategori Best Instrumental Album. Kalaupun tidak menang, rekaman ini adalah fase Al Di Meola yang penting dicatat.

Daftar lagu “Pursuit of Radical Rhapsody” (Telarc, 2011):

1. Siberiana
2. Paramour’s Lullaby
3. Mawazine Part 1
4. Michelangelo’s 7th Child
5. Gumbiero
6. Brave New World
7. Full Frontal Contrapuntal
8. That Way Before
9. Fireflies
10. Destination Gonzalo
11. Bona
12. Radical Rhapsody
13. Strawberry Fields
14. Mawazine Part 2
15. Over the Rainbow

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker