Review

Bobby McFerrin VOCAbuLarieS

Di album termutakhir Bobby McFerrin tidaks eperti biasanya yang dia selalu bersolo ataupun hanya menagajak kolaborasi satu atau dua musisi, kali ini Bobby mengajak banyak vokalis untuk berkolaborasi, dan hasilnya album ini menjadi semacam album “kolosal” , lebih dari 50 vokalis terlibat dalam album ini, dan nama-nama terkenal seperti Sussan  Deyhim, Luciana Souza, Janis Siegel (Manhattan Transfer), Theo Bleckmann dan masih banyak lagi didukung oleh musisi-musisi jazz Alex Acuna (perkusi) dan Donny McCaslsin (saxophone) menjadikan album ini semacam album “All Stars” . Tentunya tidak hanya nama-nama tersebut yang menjamin kualitas dari album ini tapi juga pengarapannya yang berkolaborasi dengan composer, vokalis dan produser Roger Treece membuat isi album ini menjadi istimewa.

Lagu-lagu dalam album ini tidak hanya menggabungkan disiplin dan warna musik jazz, pop, klasik, soul dan world music tapi betul-betul meleburkannya menjadikan arti fusion yang sebenarnya dalam album ini. Kepiawaian dalam mengolah harmoni dan ritme patut diacungi jempol, dengan karakter vokalis yang berlainan tentu bukan hal mudah. Beberapa lagu dari album lama Bobby, Medicine Music muncul dalam album ini seperti “Baby” dan  “ The Garden” hanya disini digarap dengan lebih kompleks, yang patut di apresiasi adalah juga dengan begitu banyak vokalis, perpaduan emositional dari masing-masing mereka juga menjadi satu dalam setiap komposisi, seperti lagu “Mesasages” yang menngabungkan bahasa Arabic dan Zulu dan “Wailers” yang begitu penuh emosional.   Konon sekitar 1400 track vokal yang diolah di album ini, dan sesuai dengan judul albumnya “VOCAbuLarieS” , disinilah semua fusi beraneka bahasa, dialek, karakter dan musik berpadu, sekali lagi Bobby memberikan suatu kejutan dengan salah satu karya terbaiknya kepada kita, satu lagi masterpiece dihasilkannya.

Tags

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker