Review

The Jeff Gauthier Goatette – Open Source

The Jeff Gauthier Goatette - Open Source
The Jeff Gauthier Goatette – Open Source

Di antara segelintir fiddler yang cukup gila untuk mengusung jazz garda depan, patut untuk menyebut nama Jeff Gauthier, violinis, komposer, juga produser yang telah malang-melintang berkarya sekurangnya tiga dekade. Jeff sempat berkolaborasi dengan Yusef Lateef, John Cale, Vinny Golia, serta beberapa orkes simfoni ternama. Sebagai dedengkot label rekaman Cryptogramophone, ia dipercaya oleh rekan musisi instrumen gesek eksentrik, Jenny Scheinman dan Erik Friedlander.

Namun, ide-idenya yang singular dan menantang tersalurkan lewat grup eklektik Goatette, kini menampilkan album terbaru Open Source dengan personil John Fumo (trumpet), gitaris Nels Cline dan kembarannya Alex Cline pada seksi drum juga perkusi, dilengkapi David Witham untuk piano dan kibor, pula kontrabasis Joel Hamilton. Tajuk album tersebut gamblang menjelaskan perihal olah bunyi dalam tujuh trek yang menghantam sekat-sekat genre secara konfrontatif.

Petualangan dimulai oleh “40 Lashes (With Mascara),” meliputi lompatan beat latin, funk, sekaligus bernuansa psikedelik yang teridentifikasi dalam permainan gitar Nels – distorsif dan efek reverb kental – juga hembusan trumpet John yang merepet. Dialog violin bersama trumpet membuka nomor penuh intrik “Seashells and Balloons,” buaian kontrapung hanyalah pengecoh sebab kalimatnya beralih aksi improvisasi bebas dekonstruktif hingga akhir birama.

Trek parodi “Prelude to a Bite” tak kalah seru, simak indeterminasi trading fours radikal yang selanjutnya disejukkan oleh nomor ballad “Things Past.” Gubahan Ornette Coleman “Joy of a Toy” pula tercantum, dengan Jeff dan John sebagai juru melodi, bersambung Joel, Nels, serta Alex angkat bicara. Uniknya, title track “Open Source” menjadi penutup, berdurasi hampir 15 menit melalui percakapan elektro-akustik secara intensif dan menjadi statement tegas album ini.

Album: Open Source
Label: Cryptogramophone, 2011

1. 40 Lashes (With Mascara)
2. From a Rainy Night
3. Seashells and Balloons
4. Prelude to a Bite
5. Things Past
6. Joy of a Toy
7. Open Source

Pemain

Jeff Gauthier: violin, violin elektrik
John Fumo: trumpet
Nels Cline: gitar
David Witham: piano, kibor
Joel Hamilton: kontrabas
Alex Cline: drum, perkusi

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker