Review

Tord Gustavsen Quartet – The Well

Album: The Well
Label: ECM Records, 2012

01. Prelude
02. Playing
03. Suite
04. Communion
05. Circling
06. Glasgow Intro
07. On Every Corner
08. The Well
09. Communion, var.
10. Intuition
11. Inside

Tord Gustavsen Quartet - The Well
Tord Gustavsen Quartet - The Well

Sejak album debut berformat trio Changing Places (ECM, 2003), pianis Norwegia Tord Gustavsen selalu hadirkan sensasi tersendiri, baik lewat permainan yang metodik pun lirik, serta olah komposisi distingtif. Berlanjut rilis The Ground dan Being There (ECM, 2004, 2007) dengan kekayaan estetik sehingga ia merupakan salah satu artis rekaman yang diunggulkan oleh label asal Jerman tersebut.

Tord lebih dahulu mendalami ilmu psikologi sampai meraih sarjana, setelah itu barulah dirinya menempuh studi jazz dan komposisi pada Konservatori Trondheim serta Universitas Oslo. Sebagai musisi, Tord sering dipercaya menjadi sideman di berbagai proyek juga pemain tamu pada sederet rekaman musisi lain.

Karya gres miliknya ini, The Well disajikan dalam bentuk piano quartet yang cikal-bakalnya berasal dari sesi Tord Gustavsen Ensemble untuk Restored, Returned pada Oktober 2009. Ia mengajak tiga rekan yaitu peniup saksofon Tore Brunborg, kontrabasis Mats Eilertsen, dan drummer Jarle Vespestad bawakan sebelas komposisi yang boleh dikatakan bernuansa low key atau laid back, namun kontemplatif.

Garapan musik Tord seringkali disebut sebagai Nordic gospel, dan hal itu dapat ditemukan pada sejumlah trek, semisal  “Communion” atau “Circling.” Pun, lebih dari padanya, nuansa ketimuran juga menjadi elemen penting yang membuat album ini menarik untuk dicermati. Contohnya waktu memutar “Playing,” kondensasi pekat alunan Timur Tengah terasa eksotis, dimainkan lugas lewat jalin interplay empat pemain.

Detil permainan dalam album ini sangat jelas, setiap isyarat nada, frase, maupun hening di antaranya sungguh berarti. Pahatan bunyi yang halus juga presisi di  title track “The Well” terasa inspirasional, sedangkan “Suite” berkesan elusif dibuka oleh dialog Tord dan Mats yang beraksi gesek, sebelum rintihan saksofon Tore ambil bagian bersama rentak drum emansipatoris dari Jarle.

Seperti judulnya, nomor “Intuition” dibawakan secara intuitif, lembut dan melenakan untuk selanjutnya ditutup dengan trek konklusi “Inside.” Pada komposisi tersebut, Mats kembali menggesek kontrabasnya, sebagai perekat harmoni atas lantunan melodi saksofon yang menyatu dengan pecahan akor piano, ditimpali aksen minimalis gurat cymbal Jarle di birama akhir.

Personil

Tord Gustavsen: piano
Tore Brunborg: saksofon
Mats Eilertsen: kontrabas
Jarle Vespestad: drum

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker