Review

“Further Explorations” Napak Tilasi Bill Evans (Chick Corea, Eddie Gomez, Paul Motian)

Trio pianis Bill Evans punya tempat tersendiri dalam garis waktu sejarah jazz. Rekaman historis di Village Vanguard yang dirilis 1961 menangkap permainan saling konter-melodi antara Scott LaFaro (bass) dengan Evans. Kanal stereo membagi ekstrim keduanya ke kanan dan kiri, tanpa figur sentral, sesuatu yang belum umum saat piano biasanya tampil di depan seksi ritme. Di tengah timbal balik kontrapuntal tersebut, tetap ada Paul Motian, pemain drum yang menjadi pijakan solid ke bumi. Merayakan kembali trio tersebut setelah hampir 40 tahun, Motian bersama alumni Evans yang lain, pemain bass Eddie Gomez, berbagi pentas dengan Chick Corea di Blue Note selama hampir dua pekan pada Mei 2010. Rekamannya, "Further Explorations", diluncurkan awal 2012 selang beberapa lama setelah Paul Motian tutup usia.

Further Explorations (Chick Corea, Eddie Gomez, Paul Motian)
Chick Corea - Further Explorations

Chick dengan rendah hati masuk ke pendekatan Evans yang tak diragukan pengaruhnya dalam bahasa jazz saat nomer signature "Gloria's Step" dieksekusi. Romantik, liris, dan pilihan kontrapuntal (Chick bukannya memblok kord) adalah logika interplay yang dipilih saat Gomez tiba pada bagian solonya. Mereka seolah bertukar fragmen solo pendek-pendek, berlapis-lapis tanpa mengaburkan bahwa itu adalah porsi bass. Gaya Gomez memang mirip LaFaro dalam hal permainan yang bawel kalau kita mengingat preferensi Evans satunya lagi itu. Napak tilas "Alice in Wonderland", "Peri's Scope", dan "Very Early" di antaranya menguatkan watak itu. Ini sebetulnya kontras dengan cast pilihan Motian yang lebih membumi, pembetot kontrabas yang cukup lama jadi lawan mainnya belakangan ini, yaitu Charlie Haden.

Terikat sifat alamiah tribute, bukan berarti trio ini tak punya kesempatan menjajaki identitasnya sendiri. Terlepas dari asosiasi pada Bill Evans, "Another Tango" misalnya, akan lebih akrab dengan profil Chick Corea dalam gambaran orkes elegan nuevo tango bertensi tinggi. Dengan Gomez dominan menggunakan busur penggeseknya pada kontrabas, lengkaplah sudah tango ini menyayat-nyayat dalam titian minor yang khas. Teknik gesek tersebut diurainya lagi pada "Turn Out The Stars" dan "But Beautiful – Part 1" dalam intro konsekutif tiga menit. "Mode VI" milik Paul Motian pun membuka spektrum lain pada pribadi permainan Motian saat menghadapi impuls panjang yang mengulur lagu hingga lepas sekat-sekat ritmenya; bandingkan saja dengan solo tradisionalnya pada pakem straight ahead "Hot House".

Momen interaksi yang cukup panjang dalam suasana hidup klub jazz dimampatkan dalam album bercakram ganda dengan penutup puncak kekompakan "Puccini's Walk" (diambil dari nama anjing peliharaan Gomez). Album dengan gambar sampul bertema segitiga ini memang pada akhirnya menangkap bangun trio dengan tiga segmen yang lekat; suatu atmosfer yang serupa spirit pojok triangular Village Vanguard yang sering jadi saksi rekaman bersejarah dan didefinisikan ulang Bill Evans.

Daftar Lagu "Further Explorations" (Concord Jazz, 2011)

CD 1:
1. Peri's Scope
2. Gloria's Step
3. They Say That Falling In Love Is Wonderful
4. Alice In Wonderland
5. Song No. 1
6. Diane
7. Off The Cuff
8. Laurie
9. Bill Evans
10. Little Rootie Tootie

CD 2:
1. Hot House
2. Mode VI
3. Another Tango
4. Turn Out The Stars
5. Rhapsody
6. Very Early
7. But Beautiful – Part 1
8. But Beautiful – Part 2
9. Puccini's Walk

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker