Review

Corkestra – Gas Station Sessions

Album: Gas Station Sessions
Label: Platenbakkerij Records, 2012

01. Appletree
02. Cobbles
03. Dorst
04. Olive Oil
05. Sandcastle
06. Wine Cellar
07. Dune
08. Fata Morgana
09. Kurk
10. Pebbles

Corkestra - Gas Station Sessions
Corkestra – Gas Station Sessions

Organisasi bunyi pada album ini, sama eksentriknya dengan tajuk maupun nama grup yang memainkan. Ialah Corkestra, kelompok bentukan Meneer Cor Fuhler yang bersindikat hadirkan sepuluh komposisi dalam Gas Station Sessions.

Membagi porsi antara komposisi separuh tertulis dan separuh lainnya improvisasi total, tiap sesi menyuguhkan tantangan persepsi penuh intrik. Bagi pendengar yang akrab dengan olah bunyi Sun Ra, Anthony Braxton, Ornette Coleman atau Misha Mengelberg, akan mendapat akses mudah untuk menyimak sound distingtif Corkestra.

Bermula struktur jelas “Appletree” dengan interaksi swing piano-kontrabas-perkusi oleh Cor, Wilbert de Joode, Tony Buck dan Michael Vatcher juga seksi tiup, beralih menuju bunyi organ idiosinkratik dalam “Cobbles.” Ada juga nuansa tekstural seri harmonik waktu menjumpai “Dorst” atau afeksi keheningan yang meliputi “Wine Cellar.”

Perebutan suara antar instrumen berujung rekonsiliasi dapat disimak pada komposisi menantang “Dune” yang berontak, mendecit, penuh erangan juga menjerit. Bermain di register suara atas, dengarkan dialog flute dan klarinet Anne La Berge, Ab Baars serta Tobias Delius atas “Fata Morgana.” Di bagian lain, preferensi oriental kentara sekali dalam jenaka “Sandcastle.”

Janggal namun menarik adalah gubahan “Olive Oil” yang menyertakan bunyi singing saw Michael pun cimbalom Nora Mulder berpadu dengan jalin kontrabas dan perkusi berpola ritmik Timur Jauh (kendang!). Ibarat sebuah siklus, Gas Station Sessions kembali pada struktur pembuka yang berakhir lewat nomor penutup “Pebbles.”

Personil

Cor Fuhler: piano, organ, synthi, clavinet
Anne La Berge: flute, elektronika
Ab Baars: klarinet, saksofon tenor
Tobias Delius: klarinet, saksofon tenor
Andy Moor: gitar elektrik
Nora Mulder: cimbalom
Michael Vatcher: perkusi, singing saw
Tony Buck: perkusi
Wilbert de Joode: kontrabas

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker