Review

Roberto Fonseca – Yo

Album: Yo
Label: Jazz Village Records, 2012

01. 80’s
02. Bibisa
03. Mi Negra Ave María
04. 7 Rayos
05. El Soñador Está Cansado
06. Chabani
07. Gnawa Stop
08. El Mayor
09. JMF
10. Así Es La Vida
11. Quién Soy Yo
12. Rachel
13. Bibisa (remix)
14. 80’s (remix)

Roberto Fonseca - Yo
Roberto Fonseca – Yo

Pianis asal Havana, Kuba bernama Roberto Fonseca menarik perhatian dunia waktu ia ambil bagian dalam tur lintas benua bersama Buena Vista Social Club dengan ujung tombak vokalis Ibrahim Ferrer tahun 2001 silam. Jadwal konser yang luar biasa padat, sebanyak 400 kali dalam setahun itu membuat Roberto menjadi sorotan, lewat permainan juga talenta musiknya yang luar biasa. Walaupun sebetulnya ia telah tampilkan dalam album solo Tiene Que Ver juga Temperamento: En el Comienzo (1999).

Seperti halnya Kuba, musik garapan Roberto ibarat sebuah melting pot, di dalamnya terdapat aneka paduan bunyi yang kaya warna. Sejak awal karir, ia telah terbiasa untuk meramu ritme tradisional Kuba dengan jazz, hip hop, drum n’ bass, pula acuan lain yang tampak berseberangan.

Lewat rilis terbaru Yo, Roberto lebih menggali akar musik Afro-Cuban dalam bentuk mulanya. Untuk itu diajaklah musisi dari tanah Afrika, di antaranya maestro kora Sekou Kouyaté dari Guinea, penyanyi Fatoumata Diawara dan perkusionis Baba Sissoko asal Mali. Penampilan mereka terdengar pada nomor “Bibisa,” “7 Rayos,” atau irama rampak “Chabani.”

Nikmati juga percakapan menarik antara piano melankolis Kuba dengan balutan irama Afrika kawasan utara atas “Gnawa Stop.” Pada nomor “JMF,” nuansanya seperti rock latin khas Carlos Santana, sedangkan “Así Es La Vida” adalah balada jazz modern pula narasi “Mi Negra Ave María.” Semangat album ini terwakilkan pada bunyi meriah festival “80’s” dalam dua varian.

 

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker