Review

Elliott Sharp Trio – Aggregat

Album: Aggregat
Label: Clean Feed Records, 2012

01. Nucular
02. Hard Landing
03. Mal Du Droit
04. The Grip
05. Allelia
06. Gegenschein
07. Refractory
08. Global Swarming
09. Positronics
10. Estuary
11. Figure of Speed
12. Satan Sandwich

Elliott Sharp Trio - Aggregat
Elliott Sharp Trio – Aggregat

Dalam ranah musik eksperimental dan garda depan New York, salah satunya yang wajib disebut ialah komponis, performer, dan multi-instrumentalis Elliot Sharp. Dirinya secara aktif menggeliatkan gaung kebebasan ekspresi bunyi sejak tiga puluh tahun ke belakang. Soal diskografi, Elliot telah merilis hampir sembilan puluh rekaman mulai dari jazz, blues, rock progresif, noise, musik ilustrasi, elektro-akustik – you name it!

Lebih dulu dikenal sebagai jagoan gitar, rekan kolaborasi Elliot seolah tak berbatas, daftarnya antara lain Nusrat Fateh Ali Khan, Jack DeJohnette, John Zorn, Kronos Quartet, Muhal Richard Abrams, FLUX Quartet, Sonny Sharrock, dan masih banyak lagi. Pada rilis terbaru Aggregat di bawah bendera Elliot Sharp Trio, ia bergantian mencabik gitar dan meniup saksofon, ditambah dukungan kontrabasis Brad Jones pula Ches Smith selaku drummer.

Awalan “Nucular” membuka petualangan lewat konstruk musikal sebagaimana lazimnya piano-less trio, mengacu pada bunyi saksofon Sonny Rollins, namun Elliot membawa ke dalam tataran dekonstruktif, simak permainan saksofon tenornya yang akurat. Beralih pada percikan gitar elektrik “Hard Landing,” trio ini mulai hadirkan inkonsistensi ritme menarik, menuju trek berdurasi singkat “Mal Du Drot” di mana Brad dan Ches bermain sangat spontan.

Bunyi centang-perenang “Refractory” merupakan komposisi resisten suhu tinggi, tampilkan dialog mikroskopik antara gitar Elliot dengan drum Ches, sementara Brad sebagai mediator. Dominasi efek suara “Positronics” mendahului laju senapan mesin “Estuary” sedangkan nomor “The Grip” berjalan di lintasan bebop, pun, Elliot melabraknya dengan aksi gitar “distornan” (distorsi dan disonan – red.) penuh kontradiksi.

Nikmati menu penutup “Satan Sandwich” dalam goyangan irama konstan dan ilustratif oleh Brad dan Ches, memberi ruang luas bagi Elliot untuk bersinar, ibarat aksi seru lakon utama sebuah film laga garapan sutradara Quentin Tarantino.

Personil

Elliott Sharp: saksofon sopran & tenor, gitar elektrik
Brad Jones: kontrabas
Ches Smith: drum

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker