Review

Tania Maria – Tempo

Album: Tempo
Label: Naïve Records, 2012

1. Estate
2. Sentado à beira do caminho
3. A chuva caiu
4. Yeah Man
5. Senso unico
6. Dear Dee Vee
7. Bronzes e cristais
8. Tempo

Tania Maria - Tempo
Tania Maria – Tempo

Penggemar jazz, khususnya subgenre teritorial Brasilia sudah tentu tak asing waktu mendengar nama Tania Maria. Pianis merangkap biduan serta komposer ini telah berkarir musik sedari akhir 1960-an, turut menyumbang bunyi orisinalnya yang variatif; berkelir samba, bossa, jazz latin, pop, ataupun fusion.

Kini, diva jazz Brasil tersebut kembali hadir lewat rilis Tempo bersanding dengan kontrabasis ternama Eddie Gomez suguhkan delapan trek sarat intimasi piano-vokal-kontrabas memikat. Sejak keduanya ialah pemusik veteran, performa mereka tak perlu diragukan lagi, tanpa harus banyak bertingkah – hanya bermain dan membuat musik.

Bermula lagu berlirik Italia “Estate” milik (Bruno) Martino dan Brighetti, dalam nafas ballad dinyanyikan Tania oleh vokal contralto sambil mendenting serta berbalas petikan halus kontrabas Eddie. Ada pula rendisi “A chuva caiu” gubahan kompatriot Tom Jobim, melodius dan melenakan juga terhias frase-frase unison Eddie pun Tania.

Menaikkan intensitas laju irama, nomor “Yeah Man” sejatinya adalah swing beraksen blues yang dimainkan instrumental. Penikmat bossa dapat langsung menuju trek “Senso unico” terhias gesekan Eddie yang semakin bergoyang pada beat sinkopatik “Dear Dee Vee.”

Sebelum tiba di tembang konklusi “Tempo” berciri nyanyian piano liris Tania, ada baiknya untuk menyimak lirik Portugis “Bronzes e cristais” atau nikmati garapan bossa nova cantik “Sentado à beira do caminho.” Di nomor buatan Erasmo dan Roberto Carlos itu, baik Tania maupun Eddie berdialog interaktif, atas instrumen masing-masing juga bernyanyi, bersiul, dan menggumam.

Personil

Tania Maria: piano, vokal
Eddie Gomez: kontrabas

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker