Review

Michiel Borstlap Trio – 88

Album: 88
Label: Challenge Records, 2012

1. Cherish Your Sunshine
2. Lexington
3. Memory of Enchantment
4. Third Plane
5. You Know I Do
6. Live DJ
7. TZ
8. Joe’s Will
9. Just One of Those Things

Michiel Borstlap Trio - 88
Michiel Borstlap Trio – 88

Pianis/komposer dari negeri kincir angin Michiel Bortslap kembali hadir lewat rilis terbaru berjudul sebuah bilangan. 88 adalah angka yang ia pilih tak lain untuk jumlah tuts pada instrumen utamanya, piano. Sebagai salah satu pemain piano versatil, dalam album tersebut Michiel berniat menampilkan eksplorasi pianistik atas bilah-bilah hitam-putih secara menyeluruh.

Format yang digunakan berupa trio dengan dukungan basis Boudewijn Lucas dan Eric Kooger di kursi drum. Mereka bertiga memulai putaran lewat nomor penggoyang badan ”Cherish Your Sunshine” terinfusi irama jazz latin. Serunya trading fours yang berkejaran terdapat pada “Third Plane” sedangkan bunyi jazz urban terletak dalam permainan santai “TZ.”

Tak hanya beraksi piano akustik, Michiel pula menyertakan suara elektronik yang boleh dijumpai dalam busana retro “Lexington,” irama lentur “Memory of Enchantment” dan “Joe’s Will” atau undangan melantai “Live DJ” berkelir soul-jazz.

Bila ingin menyimak kecanggihan Michiel beraksi piano tunggal, segera putar komposisi naratif dengan tajuk “You Know I Do.” Sebagai konklusi adalah rendisi groovy nomor kepunyaan Cole Porter, “Just One of Those Things” yang melaju kencang dalam geliat bebop. Ditambah pula nikmatnya aksi solo masing-masing personil dengan durasi keseluruhan mencapai hampir sepuluh menit.

Musisi

Michiel Borstlap: piano, kibor
Boudewijn Lucas: bas
Eric Kooger: drum

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker