Review

Susie Arioli – Christmas Dreaming

Album: Christmas Dreaming
Label: Jazzheads, 2010

01. Have Yourself a Merry Little Christmas
02. Winter Wonderland
03. Blue Christmas
04. Call Collect on Christmas
05. I’ll Be Home For Christmas
06. I’ve Got My Love to Keep Me Warm
07. When You Wish Upon a Star
08. La Peregrinación
09. Old Toy Trains
10. What are You Doing New Year’s Eve?
11. Christmas Dreaming
12. Ave Maria

Susie Arioli - Christmas Dreaming
Susie Arioli – Christmas Dreaming

Banyak di antara rekaman jazz bertema Natal yang meriah dengan format big band atau penuh lapisan string section. Namun lain halnya dengan Susie Arioli, ia justru merilis Christmas Dreaming, album yang minimalis dalam hal jumlah personil maupun instrumennya. Cukup dengan vokal, gitar, kontrabas dan snare drum untuk bawakan selusin tembang terdaftar.

Melalui album ini Susie padukan nomor-nomor familiar pula yang jarang terdengar. Rekannya ialah gitaris Jordan Officer dan Michael Jerome Browne, Bill Gossage pada kontrabas. Pun, Susie sendiri yang menabuh snare sambil bernyanyi. Aransemen manis “Have Yourself a Merry Little Christmas” menjadi pembuka, disambut vokal Susie yang lirih dan sungguh mengena apalagi berpadu cemerlang petik gitar Jordan.

Sentuhan gypsy jazz tampak pada nomor kedua “Winter Wonderland,” sedangkan nafas blues berhembus dalam nyanyian “Blue Christmas.” Beralih cengkok country teriring mandolin “Call Collect on Christmas,” Susie turut melagukan lirik Spanyol atas tembang Natal Argentina “La peregrinación” secara fasih. Simak juga title track “Christmas Dreaming“ gubahan Irving Gordon / Lester Lee yang berkesan mellow.

Ada pula salah satu versi terbaik “When You Wish Upon a Star” yang patut disejajarkan dengan interpretasi June Christy puluhan tahun silam – sederhana dan bersahaja. Sebelum penutup “Ave Maria” oleh Franz Schubert yang surgawi, Susie lantunkan juga refleksi menjelang tahun baru “What Are You Doing New Year’s Eve?” secara elok.

Pemusik

Susie Arioli: vokal, snare drum
Jordan Officer: gitar, mandolin, vokal latar
Michael Jerome Browne: gitar
Bill Gossage: kontrabas, vokal latar

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker