Review

Lee Konitz/Brad Mehldau/Charlie Haden/Paul Motian – Live at Birdland

Lee Konitz disebut-sebut sebagai peniup saksofon yang berhasil keluar dari pusaran besar mazhab Charlie Parker era 50-an. Kedua figur yang sesungguhnya karib itu seolah beradu tolakan kutub magnet dalam “Lover Man“, terhitung rekaman terbaik Parker yang ia sendiri membencinya, dengan Konitz mencobanya lagi setelah beberapa kali, kini dalam bangun simetri kuartet. Lebih dari 60 tahun kemudian dari versi Parker, pembuka “Live at Birdland” (ECM, 2011) yang awalnya dipopulerkan Billie Holiday itu jadi punya torehan mnemonik berkat ornamentasi berpilin vertikal yang diulang-ulang Konitz di berbagai kisi ketukan panjang yang disediakan nomer ballad ini, mengitari lirik orisinalnya.

konitz-live-at-birdland.jpg
Live at Birdland (ECM, 2011)

Berikutnya, pianis Brad Mehldau membuka “Lullaby of Birdland” dalam pembawaan standard yang terfragmentasi teratur sementara Konitz justru mencari-cari kontras lewat tiupan-tiupan panjang dalam sugesti tak teratur-tak terencana letak berhenti dan mulainya. “Solar” malah kebalikannya, Konitz yang mendapat giliran membuka, bermurah hati beri petunjuk melodi yang lumayan gamblang. Usai tema asli disampaikan, Charlie Haden mengambil posisi intensif berlama-lama membetot satu nada tunggal ke nada tunggal lainnya yang kerap dipilihnya untuk meregang klimaks yang melarutkan semua personil dalam improvisasi. Mendiang Paul Motian pun kebagian jatah solo drum jelang koda.

Hard bopOleo” yang sangat populer melodinya dijelajah Konitz dalam format duet dengan Motian yang kompak membawakan kepalanya tanpa mengelak dari nada asli. Di tengah jalan alurnya mulai berada dalam lokasi abstrak, putaran baru seolah bisa dimulai di mana saja, namun begitulah cara Mehldau ikut kompak, membuntuti di tengah disusul iringan Haden.

***

Menanggapi kuartet gemintang ini, ulasan situs AllMusic tak bernada positif, lain halnya dengan All About Jazz dan JazzTimes misalnya, yang menempatkan usaha mengunjungi kembali lagu-lagu ikonik The Great American Songbook itu berbeda dari sekedar pemandangan sehari-hari klab-klab New York. Yang jelas, kuartet akustik tanpa setlist ini tetaplah dipajang sebagai tim impian dalam tiap edisi buku tahunan jazz.

Daftar Lagu “Live at Birdland” (ECM, 2011):
1. Lover Man
2. Lullaby Of Birdland
3. Solar
4. I Fall In Love Too Easily
5. You Stepped Out Of A Dream
6. Oleo

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker