Review

Ben Goldberg – Subatomic Particle Homesick Blues

Album: Subatomic Particle Homesick Blues
Label: BAG Production Records, 2013

01. Evolution
02. Ethan’s Song
03. Study of the Blues
04. Doom
05. The Because of
06. Possible
07. Asterisk
08. Satisfied Mind
09. Who Died and Where I Moved To
10. Lopse
11. How To Do Things With Tears

Ben Goldberg - Subatomic Particle Homesick Blues
Ben Goldberg – Subatomic Particle Homesick Blues

Agak sulit untuk menempatkan klarinetis dan komposer Ben Goldberg pada satu genre tertentu. Walaupun ia merupakan musisi jazz tulen, namun Ben juga merambah teritori lain seperti avant-garde serta klezmer yang dapat dikenali atas permainan klarinetnya.

Diberi titel Subatomic Particle Homesick Blues yang mungkin menarik perhatian para fisikawan, album ini menampilkan sejumlah komposisi yang dapat dianalogikan dengan aktifitas Penumbuk Hadron Raksasa (Large Hadron Collider – LHC) atas partikel subatomik blues.

Di album ini Ben mendapat dukungan beberapa musisi beken antara lain Joshua Redman (saksofon tenor), Ron Miles (trumpet), Devin Hoff (kontrabas) dan dua orang pemain drum yaitu Ches Smith juga Scott Amendola. Terdapat 11 trek sarat petualangan dan eksperimentasi bunyi alami—tanpa perirana elektronik.

Simak nomor pertama “Evolution” dengan introduksi teramat halus oleh trio klarinet-saksofon-trumpet, berlanjut alih irama mengayun ditandai masuknya kontrabas dan drum yang isyaratkan nuansa meriah New Orleans sebelum kembali ke tema depan. Selanjutnya adalah tensi gradual “Ethan’s Song” dengan ciri kontrapungtis ketiga reedmen pula mendapat landasan kokoh Devin dan Ches yang terjalin erat.

Trek bop-ish “Doom” dimainkan secara eksplisit, membagi rata porsi solo Ben, Joshua dan Ron, ditambah aksi singkat Ches menjelang fase penutup. Bagi pendengar yang merasa kurang puas dengan simetri blues 12-bar, boleh menyimak blues supersimetri “Study of the Blues” atau “Satisfied Mind” yang penuh intrik.

Dengarkan juga alunan merdu “Asterisk” dan konklusi “How To Do Things With Tears” penuh sugesti melenakan, pun tidak ketinggalan bunyi saling-selimpat pengecoh ekspektasi dalam “Lopse” terkonstruk call-and-response singkat dan padat. Sebuah trek spesial “Who Died and Where I Moved To” patut untuk dinikmati, di mana Ben meniup klarinet contra-alto dengan timbre khasnya, seiring laju soulful yang mengitari nomor tersebut.

Musisi

Ben Goldberg: klarinet
Joshua Redman: saksofon tenor
Ron Miles: trumpet
Devin Hoff: kontrabas
Ches Smith: drum
Scott Amendola: drum (trek 5, 6)

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker