Review

The James Taylor Quartet – Closer to the Moon!

Album: Closer to the Moon!
Label: Real Self Records, 2013

01. Tick Tock
02. Closer to You
03. Parallelo
04. Fuzzburn
05. Nightwalk
06. Proctor Quod Et Deus
07. Spencer Takes a Trip
08. Dark August
09. Don’t Pass Me By
10. Pearl’s Dance
11. Beethoven’s Piano Sonata No.8 ‘Pathetique’
12. Closer to the Moon

The James Taylor Quartet - Closer to the Moon!
The James Taylor Quartet – Closer to the Moon!

Closer to the Moon! merupakan rilis terkini James Taylor Quartet (JTQ), grup asal Britania Raya yang aktif sejak akhir 1980-an. Dikenal lewat permainan organ atraktif James Taylor, kuartet ini pula mendapat rekognisi sebagai band live, bermain di banyak arena melantai. Mengusung preferensi soul-jazz, funk serta acid jazz, di album ini JTQ beranjak ke teritori simfonik-sinematik namun tetap berakar pada groove yang menjadi penanda khusus.

Detak jarum jam awali putaran Closer to the Moon saat mereka mainkan “Tick Tock,” sedangkan bunyi bel dari kejauhan terdengar atas “Spencer Takes a Trip” yang cukup menegangkan. Pada “Proctor Quod Et Deus,” denting piano sumbang berskala minor dalam nuansa era Victorian berikan efek vintage, lalu diteruskan irama mengalun “Dark August.”

Terdapat pula nuansa orkestra “Parallelo” berikut lincah jemari James Taylor di atas organnya, pun meliputi beat yang terinfusi irama Amerika Latin. Nikmati juga sugesti goyangan “Fuzzburn” yang tak terhindarkan, atau tiupan solo trumpet sebagai aksen “Don’t Pass Me By.” Bukaan solo piano untuk ” Pearl’s Dance” dilanjutkan rendisi rock klasik “Beethoven’s Piano Sonata No.8 ‘Pathetique.”

Ikut menyumbang vokal, James Tayor lagukan “Closer to You” dan selanjutnya adalah “Nightwalk”  yang tak kalah energik. Rendisi salah satu kompisisi yang terambil dari sonata piano milik Beethoven, “Piano Sonata No.8 ‘Pathetic terlebih dahulu dimainkan sebelum tuntasnya album ini lewat title track “Closer to the Moon.”

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker