Review

Christian Muthspiel 4 – Seaven Teares

Album: Seaven Teares
Label: ACT Music, 2013

01. Tears of Love
02. Happy Tears
03. Tears of Joy
04. Bitter Tears
05. Dancing Tears
06. Crocodile Tears
07. Tears of a Clown
08. Frozen Tears
09. Tears of Laughter
10. Endless Tears

Christian Muthspiel 4 - Seven Teares
Christian Muthspiel 4 – Seven Teares

Rilis Seaven Teares dari multi-instrumentalis/komposer Christian Muthspiel adalah debutnya untuk label rekaman ACT Music. Di album ini dirinya hadirkan tribute sekaligus dekonstruksi atas karya figur musikal ternama era Renaisans John Dowland (1563-1626) yang bertema sentral air mata (tears).

Untuk menyukseskan proyeknya ini, Christian mengajak tiga rekan pemusik dengan distingsi masing-masing; trumpeter Matthieu Michel, vibrafonis Franck Tortiller dan basis senior Steve Swallow, tergabung menjadi kuartet Christian Muthspiel 4.

Di album ini sekat-sekat genre dengan sengaja dilabarak, antara musik klasik, jazz dan di antaranya pula beralih bentuk komposisi tertulis serta improvisasi yang dirajut oleh keempat pemain secara brilian. Olah bunyi yang cerdik dapat disimak sejak pembuka siklus “Tears of Love” lewat laju harmoni antik sekaligus modern di saat bersamaan, kemudian merajut “Happy Tears” yang ambivalen.

Kesan menegangkan terdapat dalam “Tears of Joy” serta “Dancing Tears” yang menyisakan senyuman, seksi tiup Christian/Matthieu menjadi pusat perhatian di atas landasan irama Franck dan Steve yang begitu responsif. Impuls-impuls jenaka dikerahkan pada nomor “Tears of a Clown,” “Crocodile Tears” pula “Tears of Laughter.” Ditutup oleh ‘tangisan’ abadi “Endless Tears,” patut disimak impresi nelangsa “Frozen Tears” juga lantunan sedu-sedan atas indahnya “Bitter Tears.”

Personil

Christian Muthspiel: trombon, piano, piano elektrik, rekorder
Matthieu Michel: trumpet, flugelhorn
Franck Tortiller: vibrafon
Steve Swallow: bas

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker