Review

Jasper Somsen Group – Sardegna

Album: Sardegna
Label: Challenge Records, 2013

01. Mia Nefertiti (for Ketty)
02. Sardegna
03. Black Velvet
04. The Loss of Innocence
05. First Thing (in the Morning)
06. Lotus
07. Lost & Found
08. One for Paolo
09. Ocean of Wisdom
10. Cala Luna
11. …And They All Disappeared

Jasper Somsen Group - Sardegna
Jasper Somsen Group – Sardegna

Melanjutkan perdana Dreams, Thoughts and Poetry: The Music of Enrico Pieranunzi, kuintet asal Belanda, Jasper Somsen Group rilis Sardegna yang didedikasikan untuk Sardinia, salah satu pulau di kawasan Italia. Sebagai bandleader dan kontrabasis, Jasper Somsen kembali mengajak rekan-rekan musisi pada album Dreams… pun permainan mereka terdengar semakin solid.

Selain Jasper ialah Bert Lochs di trumpet dan flugelhorn yang pula menyumbang beberapa komposisi di album ini. Turut berperan gitaris Florian Zenker, pianis Tilmar Junius dan Pieter Bast di kursi drum. Terdapat sebelas nomor dengan mood berbeda yang punya narasi musikal sendiri, terkadang lembut namun juga dapat menjadi berapi-api.

Membuka dengan ketukan terhitung lima, “Mia Nefertiti” tampilkan interplay organik di tengah kecohan ritme, berlanjut pada title track “Sardegna” oleh tiupan trumpet dan flugelhorn Bert. Sedikit bereksperimen dengan tekstur dan durasi, grup ini suguhkan “The Loss of Innocence” serta “Cala Luna” yang dimainkan secara improvisasi bebas-kolektif.

Simak juga kontrabas tunggal Jasper pada “First Thing (in the Morning)” tersambung dengan irama tarian “Lotus” berikut aksi solo bergiliran oleh Bert, Florian dan Tilmar. Kesan enigmatis “Lost and Found” muncul saat Jasper mulai bermain arco, ditambah hembusan lirih Bert yang beralih ceria di “One for Paolo” yang tidak lain untuk Paolo Fresu. Akhirnya, album ini tuntas lewat energi penuh “…And They All Disappeared.”

Musisi

Jasper Somsen: kontrabas
Bert Lochs: trumpet, flugelhorn
Florian Zenker: gitar
Tilmar Junius: piano
Pieter Bast: drum

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker