Review

Pat Metheny – Tap: Book of Angels Vol. 20

Album: Tap: Book of Angels Vol. 20
Label: Tzadik Records, 2013

Pat Metheny - Tap: Book of Angels Vol. 20
Pat Metheny – Tap: Book of Angels Vol. 20

Ini adalah album Pat Metheny di tahun 2013 yang merespons karya-karya John Zorn. Keduanya dikenal sebagai musisi penting yang memiliki karakter kuat. John di lanskap avant-garde dan Pat untuk jazz. Tak tanggung-tanggung, di album dengan titel Tap: Book of Angels Vol. 20—yang juga mengajak Antonio Sanchez (drum), Pat juga memainkan banyak instrumen: guitar,  sitar, tiples, bas, kibor, orchestrionics, electronika, bandoneón, perkusi dan flugelhorn.

Seluruh track dalam album ini punya satu suasana, yaitu Jewish Music (yang juga menjadi latar inspirasi bagi John Zorn dalam menciptakan sedikitnya 500 karya)—yang kemudian melahirkan Masada Songbook. Sebab itu, album ini memiliki cita-rasa yang khas tradisi musik Yahudi sekaligus futuristik, terutama dalam olahan orchestrionics dan elektronika yang mungkin di sebagian treknya, hampir-hampir kita akan menganggapnya psychedelic, tanpa mengurangi bobot melodius dan improvisasi manis sebagai kekuatan utama Pat Metheny yang nampak pada album-album sebelumnya. Dan yang lebih khas lagi didukung pe-ngaya-an akan timbre dari berbagai instrumen yang mewarnai corak bunyi di album ini.

John Zorn berkomentar secara khusus untuk album ini: “Tap adalah sebuah gabungan menyeluruh dari imajinasi, teknik, dan cinta seorang legenda Pat Metheny. Saya bisa bertahan dalam suasana gembira.” Pat Metheny di usianya yang ke-58 ketika mengerjakan album ini memang telah melampaui kematangan yang sesungguhnya. Tak heran, John Zorn sudah “buru-buru” menganggapnya sebagai seorang legend. Dan, Pat (memang) sudah membuktikan semua itu. (Erie Setiawan/WartaJazz).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker