Review

The Bad Plus – The Rite of Spring

Album: The Rite of Spring
Label: Sony Music Masterworks, 2014

01. Introduction
02. The Augurs of Spring
03. Ritual of Abduction
04. Spring Rounds
05. Games of the Two Rival Tribes / Procession of the Sage
06. The Sage / Dance of the Earth
07. Introduction
08. Mystic Circle of the Young Girls
09. Glorification of the Chosen One
10. Evocation of the Ancestors / Ritual Action of the Ancestors
11. Sacrificial Dance

The Bad Plus - The Rite of Spring
The Bad Plus – The Rite of Spring

Sebelum mendengarkan album ini cobalah dengarkan dulu versi asli (orkestra) dari The Rite of Spring karya komponis besar abad ke-20 Igor Stravinsky, yang di-première-kan tanpa ballet pada 1914 (seratus tahun lalu!). The Rite of Spring sangat legendaris dan dikenal sebagai salah-satu tonggak pembaharu bagi pengayaan struktur ritme dalam penciptaan musik orkestra, yang sebelumnya tak pernah diciptakan komponis lain. Maka tak heran, Stravinsky termasuk salah satu pelopor perubahan penting dalam lanskap musik klasik Barat (Eropa), di samping Schoenberg, Berg, dan Webern.

Maka, setelah Anda merampungkan versi klasiknya, dan kemudian beralih ke trio The Bad Plus ini dijamin akan ada sensasi baru yang boleh dibilang cukup liar. Tantangan utama bagi The Bad Plus dalam mere-kreasi The Rise of Spring adalah jelas soal “pengalihan idiomatik” dari yang tadinya orkestra, menjadi (hanya) untuk piano (Ethan Iverson), kontrabas (Reid Anderson), dan drum (David King). Tantangan lain adalah tetap tidak menghilangkan kekuatan asli dari karya ini. Terlihat jelas dalam penekanan (aksentuasi) dari pengolahan struktur ritme garapan The Bad Plus yang diolah dengan sedemikian kuat, melalui tiga kekuatan timbre dalam trio (instrumen) tersebut, juga kapan tuts piano harus dipencet rapat atau dilebarkan dalam interval yang pas.

The Bad Plus, trio yang berbasis di New York tersebut, menurut situs resmi mereka sebetulnya telah mendeklarasikan diri untuk menolak kategorisasi dari musik-musik yang digarap, maka sesungguhnya agak abu-abu dalam mengenalinya: jazz bukan, progresif juga tidak terlalu, free jazz juga masih jelas struktur musiknya, dan seterusnya. Namun dari formasi band ini kita bisa melihat kesungguhan mereka berpijak pada struktur penggarapan musik di luar mainstream yang selama ini kita kenal. Maka dari itu, karya-karya The Bad Plus selalu unik dan dianggap oleh sebagian kritikus musik di Amerika sebagai provokator.

Album The Rite of Spring ini diluncurkan pada Maret, 2014 berisi 11 trek yang keseluruhannya menafsir karya Igor Stravinsky. Urutan 1 sampai 6 adalah bagian pertama dari The Rite of Spring, dan trek 7 hingga 11 adalah bagian kedua. Durasi maksimum masing-masing treknya sekitar 5 menit. Inilah contoh representasi yang paling nyata dari hubungan antara “transkripsi, analisa, dan penciptaan”—yang boleh menjadi salah-satu formula penting untuk pelajaran penciptaan musik yang berbasis pada “diplomasi medium maupun idiom.” (Erie Setiawan/WartaJazz)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker