Review

Maria Sadowska – Jazz na Ulicach

Album: Jazz na Ulicach
Label: Sony Music, 2014

01. Baba
02. Jazz na ulicach
03. Life Is a Beat
04. Anyway
05. Warsaw
06. Game 4 the Angels
07. Front Line
08. Raise Your Hands
09. Ludzie
10. Klikam
11. Kto dogoni wiatr

Maria Sadowska - Jazz na Ulicach
Maria Sadowska – Jazz na Ulicach

Lahir di Warsawa, Polandia, Maria Sadowska punya banyak peran dalam karirnya. Di samping menyanyi dan menulis lagu, ia juga seorang sutradara film dan penulis naskah. Soal musik, Maria adalah vokalis yang meliputi banyak genre dengan garapan khas dan tematik. Kali ini ia hadirkan sebuah album bertajuk Jazz na Ulicach yang terdiri atas 11 lagu berlirik Bahasa Polandia dan Inggris.

Walaupun tidak secara spesifik sebagai vokalis jazz, namun musik yang disajikan Maria di albumnya ini mencoba untuk mengapresiasi jazz lewat caranya sendiri. Unsur beat energik dan groovy tampak menjadi garis besarnya, sejak nomor pembuka “Baba” dengan irama menghentak dan adukan gitar crunchy yang mengajak untuk berdansa, kemudian diteruskan title track “Jazz na ulicach” berikut kental irama jazz latin di dalamnya.

Kemudian terdapat lonjakan tempo dengan lekuk funk sinkopatik “Life Is a Beat” yang amat melenggang, serta unsur bunyi Afrika elektrik atas “Warsaw” meliputi lirik deskriptif tentang dinamika ibukota Polandia tersebut. Tak melulu berdetak upbeat, Maria nyanyikan pula tembang santai berkelir R&B dalam “Anyway” juga balutan nu-jazz yang mewarnai “Game 4 the Angels.”

Olah bunyi menarik dan paduan intstrumen elektro-akustik dapat ditemukan pada trek “Front Line” yang liriknya merayakan kebebasan individu. Selepas nomor soulful “Raise Your Hands” dengan ornamen improvisasi beberapa instrumen, Maria menembang blues untuk “Klikam” berbalas sayatan gitar responsif. Menutup jumpa, sebuah nomor “Kto dogoni wiatr” kembali ajak pendengar untuk melantai lewat irama energik, pula bacaan lirik yang lantang, berikut selipan scat singing dari padanya.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker