Review

Jimmy Smith – Home Cookin

“Home Cookin” rilis pada tahun 1961 oleh Blue Note Records, adalah salah satu album jazz dan blues dari Jimmy Smith dengan beberapa kelebihan.
Komposisi terbaik di album ini adalah, “Sugar Hill” karya Kenny Burrel yang cocok untuk sekedar bersantai dan menikmati musik yang mengalir bebas.
Komposisi lainnya; “See See Rider” (lagu milik Ma Rainey) dan “I Got a Woman” (milik Ray Charles) meresap dengan denyut nadi organ Smith yang berdebar-debar, seperti halnya track-track lain.
Lewat album ini Jimmy Smith menemukan formula yang sangat sukses. Pertama, suara indah dari organ Hammond. Suara ini jarang terdengar secara langsung saat ini karena keyboard modern tidak dapat meniru suara dari speaker berbobot yang digerakkan oleh teknologi katup. Suaranya unik dan Jimmy Smith menggunakan instrumen ini secara maksimal. Miles Davis pernah mengatakan, Smith adalah keajaiban dunia ke-8. Mungkin harus berada di posisi yang lebih tinggi dari peringkat itu.
Grup ini diisi oleh: drummer reguler Donald Bailey yang menggerakkan dengan simpati, Kenny Burrel pada gitar adalah kolega jangka panjang dan merupakan sparing partner yang sempurna untuk Jimmy Smith, dan Percy France yang memainkan tenor saksofon dan apapun yang dimainkannya sangat sempurna di album ini.
The Penguin Guide to Jazz menempatkan album ini di antara album yang dianggap “formulaic” dan menyoroti kehadiran Kenny Burrell dan menyimpulkannya sebagai sesuatu yang sangat solid.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker