Review

Herbie Hancock – Secret

Inilah album, “Secret” (1976) dari Herbie Hancock, yang luar biasa namun sayangnya diabaikan oleh penggemar dan kritikus, mungkin karena pada saat itu dunia musik sedang berubah dan menuju kearah yang berbeda.
Ini adalah album ke-17 dari Hancock secara keseluruhan. Album yang dirilis oleh Columbia Records ini memuat 7 buah komposisi diantaranya; “Doin it” yang ditulis oleh Malvin Ragin dan Ray Perker Jr, hingga “Sansho Shima” karya Bennie Maupin.
Musisi pendukungnya ada nama-nama seperti: James Gadson (drum), Bennie Maupin (saksofon, bass klarinet), Ray Parker Jr (gitar dan vokal latar), Paul Jackson (bass), James Levi (drum), Kenneth Nash (perkusi dan cuica), Wah Wah Watson (gitar dan synthesizer), dan Herbie Hancock (piano akustik dan elektrik).
Musik Hancock yang sebenarnya layak di dapat jauh lebih baik, daripada sebagian besar memberikan penghargaan, dan ini adalah salah satu album Hancock yang lebih baik.
Album ini memiliki semua elemen funky dari album sebelumnya dan sama bagusnya.
Ada banyak rekaman jazz funk di luar sana, tetapi album ini membuat saya suka mendengarkannya sepanjang waktu.
Herbie Hancock adalah seorang jenius, “Secret” kalau kita bandingkan dengan album, “Headhunter” nya sama, terasa lebih merupakan eksperimen dan terobosan besar. “Headhunter” yang memenangkan banyak penghargaan dan, “Secret” merupakan tindak lanjutnya. Namun, album ini adalah produk akhir dan puncak dari sebuah suara yang akan di dengarkan untuk waktu yang lama.
Hancock membuat sahabat merasakan musiknya, seperti halnya musik Miles Davis. Sahabat dapat memutar album ini sambil melakukan apa saja, atau memang sengaja untuk mendengarkannya.
Dan mungkin musisi jazz dan hip hop lainnya berhutang banyak kepada Herbie Hancock. Sangat menyenangkan mengikuti jalur akar pohon Miles Davis, tapi Herbie Hancock adalah pohon miliknya sendiri.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker