Review

Bob James Trio – Take It from the Top

Setelah menunggu hampir selama empat puluh tahun, pianis jazz Bob James untuk kembali ke format trio jazz dan kembali ke straight ahead jazz lagi, akhirnya lewat album, “Bob James Trio, Take It from the Top” inilah ia telah kembali keakarnya.
Ketenarannya sebagai pioner smooth jazz terlaris dan lagu temanya untuk seri TV “Taxi” adalah salah satu melodi yang paling terkenal.
Bob James Trio menghadirkan bassis James Genus dan drummer Billy Kilson, memberikan penghormatan kepada pianis favoritnya.
Interpretasi Bob James terhadap sembilan lagu standar memang tidak harus sesuai dengan gaya pianis, tetapi ada saat-saat ketika dia secara sadar mengutip salah satu frase mereka, termasuk meletakkan frase dari, “Mona Lisa” dalam “Straight Up and Fly Right” untuk Nat King Cole.
Sepanjang jalan dia memberi penghormatan kepada Red Garland, Glenn Gould (pianis klasik yang menyukai, “Downtown”), Oscar Peterson, Bill Evans, Ahmad Jamal, Errol Garner (versinya di lagu, “Caravan), Mal Waldron, dan John Lewis.
Apapun yang direkam oleh Bob James terdengar bagus dan sangat menarik, dia membuktikan mengapa Bob James menjadi salah satu musisi jazz top sepanjang masa.
Bob James bermain bebas, berimprovisasi di seluruh rekaman album ini, baik memainkan jazz tradisional atau smooth jazz sekalipun . Dia memiliki cara untuk membuat sahabat merasa lebih nyaman mendengarkan musiknya.
Inilah album trio Bob James pertama yang klasik. Ada sembilan komposisi yang menghiasi album ini; “Billy Boy”, “Straight Up and Fly Right”, “Downtown”, “Tenderly”, “Nardis”, “Poinciana”, “Caravan”, “Soul Eyes” dan “Django”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker