Review

John Coltrane – Olè Coltrane

“Olè Coltrane” adalah album kesembilan oleh musisi jazz John Coltrane, dirilis pada November 1961.
Dua hari sebelum rekaman, “Olè Coltrane” ia telah membuat membuat album, “Africa/Brass” sesi rekaman perdananya untuk label barunya impulse! Records, di studio Van Gelder baru di Englewood Cliffs, New Jersey.
Dengan satu album lagi di Atlantic Records, membawa kuintet kerjanya bersama dua musisi di album, “Africa/Brass” seperti: Art Davis dan Freddie Hubbard. Karena kontrak dengan Prestige Records, Eric Dolphy di kredit dengan nama samaran George Lane.
Ketertarikan Coltrane pada musik Spanyol yang terlihat pada komposisi, “Olè” mungkin mendukung, “Sketches of Spain” album milik Miles Davis dari tahun sebelumnya.
Struktur dan melodi dari modal jazz, “Olè” yang berdurasi 18:17 dipinjam dari lagu rakyat Spanyol, “El Vito” (lebih dikenal dengan sebagai, “El Quinto Regimiento” dari Perang Saudara Spanyol (juga dikenal sebagai, “Venga Jaleo”), yang diberitahukan oleh Pete Seeger), sedang karya saksofon sopran mengingatkan pada, “My Favorite Things” album studio ke tujuh John Coltrane.
Judul komposisi di sisi dua mencerminkan minat berkelanjutan band dalam musik Afrika seperti direkaman, “Africa/Brass” seperti komposisi; “Doheney Dance” dan “Aisha”.
Para personel yang ada di album ini adalah John Coltrane (saksofon), Freddie Hubbard (trompet), Eric Dorphy (flute dan alto saksofon), McCoy Tyner (piano), Reggie Workman (bass), Art Davis (bass), dan Elvin Jones (drum).
Pada 19 September 2000, Rhino Records menerbitkan kembali, “Olè Coltrane” sebagai bagian dari seri Galeri HUT ke-50 Atlantic Records. Termasuk lagu bonus tunggal yang pernah muncul di The Heavyweight Champion The Complete Atlantic Recording pada tahun 1995.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker