Review

Randy Brecker & Eliane Elias – Amanda

“Amanda” adalah album studio kolaborasi oleh artis jazz Brasil Eliane Elias dan pemain trompet Randy Brecker, suaminya saat itu.
Rekaman ini dirilis pada tahun 1985 melalui lebel Passport Jazz Records. Album ini didekasikan untuk putri mereka, Amanda Elias Brecker. Tak lama kemudian karier solonya dimulai, menghasilkan lebih dari dua puluh album hingga saat ini.
Album yang memuat 6 buah komposisi ini diantaranya dibuka dengan sebuah karya dari Miles Davis, “Splash”. Seterusnya ada empat lagu yang ditulis oleh Elias, “Para Nada (For Nothing)”, “Pandamandium”, “Samba De Bamba”, dan “Amandamata”, serta satu karya dari Simon Jeffes, “Guaruja”.
Album ini berhasil menempati peringkat pertama di Radio Records on Contemporary Jazz Chart.
Sayangnya, “Amanda” diberi ulasan yang negatif oleh kritikus jazz dengan menulis, mempertimbangkan bakat pemain trompet Randy Brecker dan istrinya, pianis Eliane Elias, orang berharap kolaborasinya ini cukup berharga. Namun LP yang sudah tidak dicetak lagi ini mengecewakan karena mereka melakukan material yang umumnya lemah, menekankan eleltronik dan menggunakan ritme yang agak membosankan.
Adapun musisi-musisi yang menjadi pendukung di album ini adalah Eliane Elias (piano, vokal, flute, keyboard), Randy Brecker (trompet), Dave Wackle (drum), Manalo Gottlieb (perkusi), Mark Egan dan Will Lee (bass), Jeff Minotov (gitar), Sadao Watanabe (saksofon alto), dan Cyro Baptista (perkusi).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker