Review

Jean-Luc Ponty – Enigmatic Ocean

Inilah album yang pernah bercokol diperingkat no.1 pada album Billboard Jazz Chart di tahun 1977.
“Enigmatic Ocean” adalah album studio Jean-Luc Ponty yang memainkan biola elektrik, juga menampilkan sederet musisi-musisi hebat seperti gitaris Allan Holdsworth, dan Daryl Stuemer, Alan Zavod yang memainkan organ Hammond, Ralphe Armstrong yang bermain bass alumni dari Mahavishnu Orchestra, dan drummer Steve Smith.
Album yang direkam di Studios (Burbank, California), meskipun murni instrumental, musiknya diatur dengan sangat baik dan ada beberapa kontas dinamis yang bagus dengan tekstur synthesizer yang fantastis (dan terdengar sangat organis). Dibuka dengan sebuah komposisi yang berjudul, “Overture” dan ditutup dengan “The Struggle of the Turtle to the Sea-Part III” yang berdurasi sepanjang 6:03.
Namun yang paling menarik adalah empat bagian dari, “Enigmatic Ocean” yang lebih dari sekedar kemiripan dengan progresif rock, meskipun struktur akord kadang-kadang jelas “jazzy” ini hanya mengingatkan bahwa ini adalah album jazz rock. Ada sedikit funk juga, dan Ralphe Armstrong hanya mengikuti bagian-bagian ini terutama pada solonya, dia adalah seorang bassis yang solid dan tidak hanya berfungsi sebagai tandingan yang sangat baik.
Ini benar-benar album jazz rock progresif yang fantastis dan tidak diragukan lagi bahwa semua musisi disini adalah yang terbaik, dan bekerja secara alami. Tapi solo yang memesona akan luput dari perhatian seandainya bukan karena komposisi luar biasa Ponty yang mendukungnya, dan suara unik biola elektrik-nya.
Bisa dikatakan ini adalah jenis album 1970-an yang menarik perhatian dan memperluas selera musik pecinta jazz menjadi gaya musik kontemporer yang benar-benar baru dan ini adalah salah satu album terhebat yang pernah ada dengan genre fusion, rock progresif atau apapun namanya.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker