BooksReview

Buku Rabbit’s Blues, The Life and Music of Johnny Hodge

Dalam pidato tentang pemain saksofon Johnny Hodges (1907-1970), Duke Ellington mengatakan; “Tidak pernah menjadi pemain sandiwara paling bersemangat di dunia atau kepribadian panggung terhebat, tetapi nada yang begitu indah terkadang membuat mata berkaca-kaca-inilah Johnny Hodges. Nada yang tak terlupakan Hodges bergema di seluruh dunia jazz selama sebagian besar abad ke-20”.

Benny Goodman menggambarkan; “Hodges sebagai pria terhebat di alto saksofon yang pernah saya dengar”, dan Charlie Parker membandingkannya dengan Lily Pons, penyanyi soprano opera.

Suara Johnny Hodges adalah jantung orkestra Ellington selama beberapa dekade. Saat Hodges bergabung dengan band itu pada tahun 1928. Hodges adalah orang yang pendiam, pemenang jajak pendapat, dan idola bagi pemain saksofon jazz yang tak terhitung jumlahnya. Dalam buku ini Con Chapman membantu mengungkapkan detail kehidupan pribadi Hodges, dan kenaikannya sebagai solois jazz terkemuka dengan “Beyond Category” Ellington Orchestra, dan miliknya sendiri.

“Rabbit’s Blues, The Life and Music of Johnny Hodges” ditulis oleh Con Chapman diterbitkan oleh Oxford University Press, setebal 240 halaman. Sebuah biografi panjang yang serius dari alto great Hodges. Cara menulis biografi tentang sosok yang kehidupan pribadinya sebagian besar tidak terdokumentasi, fokus pada kehidupan profesionalnya dan biarkan orang-orang sezamannya yang berbicara. Hodges tahu, dan dihargai oleh semua orang yang penting.

(Keterangan photo) Buku: “Rabbit’s Blues, The Life and Music of Johnny Hodges” karya Con Chapman.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker