Review

Wayne Shorter – Wayning Moments

“Wayning Moments” (1962) adalah album ketiga dari pemain saksofon Wayne Shorter dan album terakhirnya untuk Vee-Jay Records, menampilkan Shorter bermain hard-bop dengan: pemain trompet Freddie Hubbard, pianis Eddie Higgins, bassis Jymie Merritt, dan drumer Marshall Thompson.
Catatan liner, yang aslinya disertakan mencerminkan bahwa ” ini bukan jazz eksperimental” album ini menggambarkan jazz mainstream yang dibawakan dengan baik pada era di mana album ini dibuat. Meskipun rekaman ini tidak sebanding dengan kualitas album pada dekade berikutnya yang dirilis oleh Wayne Shorter di Blue Note Records.
Waktu perekaman yang singkat dari setiap lagu membatasi solo, tetapi tetap saja ada kesederhanaan yang menarik.
Sejak debut rekamannya di tahun 1959, Shorter tidak pernah berhenti bekerja dengan musisi yang berbeda dan muncul sebagai sideman di banyak album. Meskipun musiknya akan menjadi jauh lebih eksperimental ketika ia bergabung dengan kuintet Miles Davis beberapa tahun kemudian.
Permainan Shorter di album ini lebih mirip dengan jenis karya yang dia buat selama periode yang sama dengan Art Blakey’s The Jazz Messengers yang pemain bassnya juga ditampilkan di album ini.
“Wayning Moments” yang direkam di studio Universal, Chicago, dengan produser Sid McCoy, memuat delapan komposisi di vinyl nya, sedang pada CD yang dirilis ulang ada tambahan bonus delapan komposisi lagi.
Di vinylnya aslinya memuat beberapa komposi diantaranya adalah; “Black Orpheus”, “Devil’s Island”, “Moon of Manakora”, “Dead End”, “Wayning Moments”, “Powder Keg”, “All or Nothing at All” dan “Callaway Went That-A-Way”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker