Review

Uri Caine – Callithump

Album: Callithump
Label: Winter & Winter Records, 2014

01. Callithump
02. Sepharad
03. Map of the Heart
04. Greasy
05. The Magic of Her Nearness
06. Chanson De Johnson
07. Bow Bridge
08. Everything is Bullshit
09. Raindrop Prelude
10. Perving Berlin
11. Dotted Eyes

Uri Caine - Callithump
Uri Caine – Callithump

Di antara berbagai format yang pernah digarap oleh pianis merangkap komposer Uri Caine, karya-karya piano tunggalnya merupakan sesuatu pencapaian yang bersifat personal dan reflektif. Semisal The Sidewalks of New York – Tin Pan Alley, Solitaire, The Classical Variations (Winter & Winter, 1999/2001/2007) sampai Meshuggeh (Musica Jazz, 2012).

Uri Caine kembali hadirkan petualangan mengeksplorasi bunyi lewat rilis Callithump ini, berisi sebelas gubahan asli serta proses rekamannya dilakukan tanpa sunting dan ulangan. Trek demi trek yang terdaftar di dalamnya persis seperti urutan ketika Uri memainkannya, yang dilakukan di Avatar Studios, New York secara live-to-analog-two track pada akhir 2012 lalu.

Membuka dengan title track “Callithump,” Uri tampilkan skill pianistik jempolan berupa permainan bergemuruh yang merambah bilah-bilah piano dengan sigap. Kemudian beralih menuju nuansa stride piano lewat “Greasy” yang sarat improvisasi dalam kerangka bebop, demikian pula halnya ketika menyimak “Perving Berlin” yang mengayun sekaligus bergelinjang.

Terdapat pula olah ritme asimetris “Chanson de Johnson” dengan koordinasi luar biasa antara tangan kiri dan kanan, berikut nomor satiris “Everything is Bullshit” serta laju kordal ostinatik atas “Bow Bridge.” Konformitas bukanlah lema kegemaran Uri dalam kosakata piano maupun komposisi buatannya, dan tampak di nomor hening “Raindrop Prelude,” kontemplasi “Sepharad” juga akhiran elusif “Dotted Eyes” yang menampilkan indahnya riak-riak harmoni secara sensitif, serta menuntut kepekaan bunyi pendengar untuk melebur dalam ruang dan waktu.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker