FestivalMaratua JazzNewsWarta Jazz Festival

Idang Rasjidi, Mus Mujiono meriahkan Road to Maratua Jazz & Dive Fiesta

Maratua Jazz and Dive Fiesta
Maratua Jazz and Dive Fiesta

Bertempat di Ballroom Cantika Swara Resort and Convention Hotel sebuah acara perdana berupa Concert dan Gala Dinner di gelar di Tanjung Redep Berau, pada Sabtu (10/1/2015).

Kegiatan bertajuk Road to Maratua Jazz & Dive Fiesta dalam rangka memperkenalkan sebuah acara Maratua Jazz & Dive Fiesta yang akan digelar di semester kedua tahun ini dimaksudkan pula sebagai perkenalan bagi publik di Kabupaten Berau pada musik Jazz.

Tampil musisi jazz antara lain pianis Idang Rasjidi dengan Idang Rasjidi Syndicate, gitaris Mus Mujiono, serta vokalis Matthew Sayersz. Turut mendukung pula bassis Shadu Rasjidi, drummer Shaku Rasjidi, dan perkusionis handal Iwan Wiradz.

Road to Maratua Jazz and Dive Fiesta
Bupati Berau Drs Makmur HAPK, MM bersama Idang Rasjidi Syndicate dan Mus Mujiono dalam Road to Maratua Jazz and Dive Fiesta 2015

Membawakan sejumlah komposisi milik sendiri ditambah beberapa hits Tanda-tandanya, Arti Kehidupan, sejumlah penonton termasuk Bupati Berau Drs Makmur HAPK, MM yang malam itu didampingi Dandim dan Kepala Dinas Pariwisata Kab. Berau tampak menikmati pertunjukan. Turut hadir founder festival Agus Setiawan Basuni dan Juhriansyah.

Acara yang di inisiasi oleh WartaJazz.com dan Yayasan Berau Lestari mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Berau dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta mitra pendukung seperti Yayasan Kehati, GNFI, Yayasan Penyu Berau, dan diorganisir oleh Jalamaya Production.

Rencananya ada beberapa konser Road to Maratua Jazz & Dive Fiesta yang masih akan digelar dalam beberapa bulan kedepan hingga jelang acara festival yang dijadwalkan akan digelar pada bulan September.

Sebelumnya pada sore hari, bertempat di lokasi yang sama sekitar 25 orang pelajar dan masyarakat umum mengikuti workshop yang disampaikan oleh Idang Rasjidi beserta rekan-rekannya. Mereka nampak antusias ingin mengetahui lebih lanjut tentang jazz dan segala seluk-beluknya.

***

Idang Rasjidi seorang musisi jazz senior di Indonesia dan kiprahnya sudah merambah mancanegara, banyak bermain di pelbagai festival baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak grup yang sudah dia bentuk dan selalu menjadi grup yang legendaris, misalnya Trigonia dan saat ini juga Idang Rasjidi Syndicate.

Ia juga dikenal sebagai musisi jazz yang selalu membimbing dan mencari bakat-bakat muda sebagai generasi penerus musik jazz di Indonesia, dikenal sebagai musisi yang berkeliling di seantero Nusantara, memperkenalkan musik jazz sembari membuat workshop.

Tidak hanya itu, Idang juga memperkenalkan Indonesia ke mancanegara melalui musik jazz. Tidak begitu berlebihan jika sosok Idang juga menjadi salah satu icon jazz di Indonesia.

Mus Mujiono tentunya nama yang tidak asing bagi penggemar musik di Indonesia, lagu-lagunya beberapa menjadi hits dan populer. Tidak banyak yang tahu sesungguhnya Mus Mujiono adalah seorang gitaris jazz yang handal. Gitaris yang dikenal juga mempunyai suara emas ini pengalaman bermain jazz sudah puluhan tahun dan bermain dengan banyak para maestro jazz Indonesia.

Tidak salah kalau kedua musisi ini didapuk menjadi “juru bicara” untuk mengenalkan pariwisata di Indonesia khususnya Maratua di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur melalui musik jazz.

Maratua Jazz and Dive Fiesta sendiri bertujuan menggabungkan dua komunitas yaitu komunitas diving dan penikmat jazz.

***

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia dan merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Berada di dalam kawasan konservasi Taman Pesisir dan Laut Kepulauan Derawan, Maratua beserta pulau-pulau di sekitarnya, merupakan surga yang menegaskan potensi pariwisata yang dapat terus dikembangkan.

Kepulauan Derawan saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang cukup penting di Indonesia sehingga menjadi surga bagi para divers untuk menikmati kekayaan bawah laut seperti ubur–ubur tidak menyengat di Danau Pulau Kakaban, penyu, manta, hiu, barakuda, paus, serta terumbu karang yang beraneka warna.

Kepulauan Derawan khususnya Pulau Maratua merupakan destinasi diving yang cukup di kenal oleh para pencinta bawah laut baik lokal, nasional bahkan Internasional. Lebih dari 40 dive site dapat di nikmati di gugusan Kepulauan Derawan.

Berada di pusat terumbu karang dunia (coral triangle) menjadikan kekayaan keanekaragaman hayati lautnya menempatkan Kepulauan Derawan menjadi salah satu pusat kekayaan sumber daya laut terbaik di dunia bersama Kepulauan Raja Ampat dan Kepulauan Micronesia.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Maratua Jazz and Dive Fiesta akan diperbarui di www.maratuajazz.com.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker