NewsNgayogjazzWarta Jazz Festival

Ngayogjazz 2012: Dengan Ngejazz Kita Tingkatkan Swasembada Jazz.

Ngayogjazz dari pertama diadakan selalu mengusung tema yang berlainan setiap penyelenggaraannya, dan selalu berkesinambungan. Setelah di tahun 2011 kemarin mengusung tema “Nandoer Jazz ing Pakarti” dimana dari “plesetan” peribahasa jawa “nandur woh ing pakarti” yang berarti melalui musik jazz menanamkan nilai-nilai musik jazz itu sendiri yang diterapkan dalam kehidupan bermusik maupun sehari hari.

Dan di tahun 2012 ini mengambil tema “Dengan Jazz Kita Tingkatkan Swasembada Jazz” yang diambil dari suatu jargon pembangunan, dimana diharapkan saat ini para musisi-musis jazz terutama generasi muda yang telah bersemai di Ngayogjazz bisa mandiri mengembangkan kehidupan bermusiknya, baik dalam kreatifitasnya maupun karir bermusik mereka.

Tidak hanya para musisi, beberapa Komunitas Jazz di berbagai kota yang sudah terbentuk pun sudah mulai menampakkan keseriusan dalam mengelola komunitas mereka sehingga menghasilkan juga musisi-musisi jazz dan group-group jazz baru. Perkembangan musik jazz di Indonesia juga sangat luar biasa dalam sepuluh tahun terakhir ini, banyak group yang sudah bereputasi dunia dan rekaman musik jazz sudah meningkat pesat tiap tahun.

Siapa saja yang akan hadir di Ngayogjazz 2012? Dari Jakarta akan hadir ESQI:EF (Syaharani and Queenfireworks), Benny Likumahuwa, Barry Likumahuwa Project, Idang Rasjidi, Irianti Erningpraja, Eramono Soekaryo,  Indro Hardjodikoro, Shadow Puppet sementara dari Bali akan tampil Rio Sidik, Erik Sondhy sedang tuan rumah Yogyakarta akan tampilkan Sinten Remen,  I Know You Well Miss Clara, Ketzia, Kampayo.

Ngayogjazz 2012 juga menghadirkan dua penampilan khusus yaitu gitaris Toninho Horta (Brasil) dan Jen Shyu (USA).

Sementara dari Komunitas Jazz Jogja akan hadir Chicken Jiezz, Berempat, Proyek President, Blank on 5, PROSES, Dialogue, Danny Project, Everyday, Mucichoir.

Selain tuan rumah, kota-kota lain yang berpartisipasi antara lain Komunitas Jazz Purwokerto: Mahamuni, Papa Richards and The Honkytonkman, Solo Jazz Society: Andanawarih (ansamble quartet), Streamline Quartet lalu dari Semarang, Jazz Ngisor Ringin menghadirkan Delight (fusion jazz), The Interview (ethnic fusion jazz) dan Aljabar plus masih ada dari Balikpapan Jazz Lovers, Gondo & Friends Surabaya, Entung Entung Gepik Jazz Salatiga, Komunitas Jazz Lampung, Gubuk Jazz Pekanbaru, Komunitas Jazz Pekalongan.

Selain nama-nama diatas Ngayogjazz 2012 juga memunculkan Replica Batik (proyek gabungan TRIO UP dan RSP), Jay Gatrawardaya feat. Tesla Manaf, Erwin Zubiyan and Friends, Sound of Hanamangke Bandung, Jazz Gudangan.

Anda yang tertarik menonton pertunjukan gratis ini dapat hadir pada Minggu Legi, 18 November 2012. Jam 09 pagi – 09 malam di Desa Wisata Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.

 

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker