FestivalNews

Jazzahead 2013 resmi dibuka

Mata Peter Schulze, nampak berbinar. Untuk kedelapan kalinya perhelatan Jazzahead kembali digelar mulai dari hari Kamis, 25 April 2013 hingga Minggu 28 April 2013 bertempat di Congress Centre Bremen, Jerman dengan sejumlah kegiatan menarik mulai dari tradeshow atau pasar jazz, showcase dibeberapa tempat.

jazzahead1.jpg

Pertunjukan khusus dari Overseas Night maupun sajian special dari partner country yang tahun ini diambil oleh Israel, merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para peserta Jazzahead. Indonesia sendiri pernah mengirimkan wakilnya yaitu band simakDialog dalam Overseas Night Jazzahead tahun 2011 silam.

Acara pembukaan Jazzahead 2013 resmi dilakukan diHalle 2 yang terletak dibawah dekat dengan pintu masuk perhelatan Jazzahead.

Dalam sambutannya Bernd Neuman Mdb, Minister of Sstate to the Federal Chancellor, Federal Government Commissioner for Culture and the Media menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta konferensi Jazzahead yang kedelapan dan berharap beberapa hari kedepan menjadi ajang stimulan, pengalaman yang menginspirasi dan menghasilkan kontak yang baik.

Sementara itu Jens Bohrnsen, walikota Bremen juga mengucapkan terima kasih karena telah menjadikan kegiatan ini sebagai ajang yang penting bagi artis yang berpartisipasi, termasuk pula para marketer, produser dan promoter yang turut ambil bagian. Ia bahkan menekankan bahwa German Jazz Expo diharapkan memberikan wadah tumbuhnya bakat-bakat baru yang dapat mengisi peluang kesempatan tampil di panggung-panggung Jazz International.

Jazzahead dikunjungi lebih dari 7,000 orang yang termasuk didalamnya sekitar 2250 professional participant dari 31 negara termasuk Indonesia yang diwakili oleh Agus Setiawan Basuni (WartaJazz). Kehadiran WartaJazz dalam Jazzahead 2013 berkat dukungan crowdfunding yang inisiatifnya dilakukan oleh pianis Idang Rasjidi dan penyanyi Tompi serta didukung Medco.

Dalam tiga hari kedepan akan hadir showcase yang menampilkan talenta-talenta terbaik jazz yang datang dari berbagai negara. Mereka yang hadir antara lain Yotam, Omer Klein Trio, Malox, Daniel Zamir, Ilana Eliya, LayerZ dan Ensemble Yaman yang akan mengisi program pada hari pertama di acara Israeli Night.

Pada malam kedua Jazzahead akan diisi program Overseas Night yang akan menampilkan Marialy Pacheco (Australia), Jaimeo Brown Transcendence (USA), Chet Doxas Quartet (Kanada), Chloe Charles (Kanada), Ricardo Herz Trio (Brazil) dan The Shuffle Demons (Kanada)

Program German Jazz Expo sendiri akan berlangsung pada siang hari Jumat, 26 April 2013 dengan menampilkan sejumlah band antara lain Eric Schäfer & The Shredsz, Zodiak Trio, Esra Dalfidan’s FIDAN, FIELD, Sebastian Gramss’ FOSSILE 3 , Olivia Trummer Trio, Masaa, The Clarinet Trio, Subtone dan Underkarl. Malam terakhir Jazzahead2013 akan menyajikan showcase dari European Jazz Meeting dengan talent antara lain Naoko Sakata Trio (S), Kokko Quartet (FI), Leon Gurvitch Project (BY, CU, DE), Tamara Obrovac Quartet (HR, SLO), Arifa (NL), Helge Lien Trio (NO), De Beren Gieren (BE), Elina Duni Quartet (CH), Zoe Rahman Quartet (UK), Oliver’s Cinema (NL), Beats & Pieces Big Band (UK), Girotto-Biondini Duo (IT), Django Bates’ Belovèd (UK), Electric Excentric Quartet (F), Taksim Trio (TR) dan Tobias Preisig (CH).

Kehadiran WartaJazz di Jazzahead! 2013 didukung oleh Crowdfunding atas inisiatif Idang Rasjidi, Tompi dan MEDCO.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker