News

Baron Browne

Baron Browne lahir dan besar di Georgia, AS. Tertarik pada musik pada usia yang sangat dini, awalnya belajar memainkan drum pamannya pada usia 7 tahun. Sebagai seorang remaja, ia mencoba-coba pelajaran piano di usia 12 tahun dan bermain gitar selama setahun sebelum menyadari bahwa, bass adalah instrumennya.
Pada usia 18 tahun, Browne diluncurkan ke dunia musik profesional langsung dari sekolah menengah. Ia pindah ke Boston dan belajar di Berklee College of Music selama satu tahun Browne mulai bekerja penuh waktu di Boston dengan artis seperti: Kevin Eubanks, Tiger Okoshi, Mike Stern, Bill Frisell dan Dan Brown.
Pada tahun 1992, ia bergabung dengan grup Steps Ahead yang menampilkan: Mike Mainieri dan pemain saksofon “Saturday Night Live” Alex Foster. Satu tahun kemudian, dia diundang oleh vibraphonis jazz terkenal Gary Burton untuk bergabung dengannya untuk tur Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.
Fleksibilitas Browne dengan memainkan semua gaya musik memungkinkan dia untuk juga tampil dengan artis R&B dan pop seperti: Brian McKnight, Tom Jones dan Expose.
Di tahun 1996, Jean Luc Ponty memintanya sekali lagi untuk merekam album live pertamanya dalam lebih dari 20 tahun yakni, “Live at Chene Park”. Album ini mendapat respon hangat dari para kritikus jazz. Di 1997, bakatnya dimanfaatkan oleh drummer grup Journey yang terkenal, Steve Smith, untuk tur Eropa dengan Vital Information.
Brown dapat di dengar di album oleh artis rekaman jazz: Walter Beasley di album, “For Your Pleasure” yang berhasil mencapai posisi nomor satu di tangga lagu jazz kontemporer Billboard.
Pada 2009, ia melakukan tur ekstensif ke Eropa, AS, Australia dan Selandia Baru dengan Steve Smith dan Vital Information untuk membantu mempromosikan CD mereka yang berjudul, “Where We Come From”. Sebuah album CD ganda live band pada tur itu dirilis September 2000.
Tiga tahun kemudian, ia melanjutkan tur-tur dengan Vital Information untuk mempromosikan CD, “Show em Where You Live” di mana Brown termasuk yang menulis dalam produksi album ini.
Dia melanjutkan perkerjaan dengan Vital Informartion, Steve Smith untuk band tribute Buddy Rich-nya Buddy’s Buddies dengan: Mark Soskin dan alumni Buddy Rich, Steve Marcus dan Andy Fuson. Mereka merilis 2 rekaman live yang menampilkan lineup tersebut, “Very Live at Ronnie Scott’s” set 1 dan set 2.
Tahun 2005, Browne terus menulis dan tampil dengan Vital Information sebagai anggota penuh. Rilisan terbaru mereka, “Come On In” mendapat sambutan yang baik dari kritikus jazz.
Browne terus menjadi kekuatan utama dalam industri musik, ia terus memperluas jangkauannya dengan memproduksi dan mengatur artis lain serta proyeknya sendiri.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker