News

Kembalinya Joshua Redman, Brad Mehldau, Brian Blade, Christian McBride

“Musisi dengan tingkat bakat yang menakutkan bermain di saat ini” tulis New York Times dilaman “Long Gone” rilisan teranyar para singa muda jazz (dijamannya) – awal 90an – yaitu Joshua Redman (saxophone), Brad Mehldau (piano), Brian Blade (drums) dan Christian McBride (bass) yang dikeluarkan oleh Nonesusch dan dijadwalkan resmi beredar awal September 2022 mendatang.

Perpaduan pengaruh luar ke dalam bahasa jazz konsensual, permainan poliritmik, keberanian ilmiah: Semua hal itu terasa segar bagi para musisi ini di tahun 1990-an. Ada sesuatu yang tidak dapat disangkal— menghibur, bahkan—tentang mendengarkan mereka tetap seirama hingga hari ini.” lanjut NYT.

Untuk menandai reuni setelah 26 tahun ini  album”Long Gode” akan memuat sekitar enam track dan sebuah nomor berjudul “Disco Ears,” telah diluncurkan sebagai promosi dan dapat dinikmati di laman Youtube.

RoundAgain, rekaman pertama grup ini sejak MoodSwing tahun 1994, memulai debutnya di No. 1 di chart Current Traditional Jazz Albums di AS dan di No. 1 di chart Jazz & Blues di Inggris. Album ini menerima dua nominasi Grammy. NPR menyebutnya sebagai “upaya yang sempurna,” yang menyatakan bahwa keempat musisi itu “hanya menjadi lebih baik pada saat itu” dan masing-masing “berada di puncak permainannya sekarang.”

Redman mengatakan “Saya segera menyadari bahwa band ini tidak akan bertahan lama. Mereka tidak diragukan lagi, untuk generasi kita, di antara yang paling berprestasi dan inovatif pada instrumen masing-masing. Saya tahu lebih baik daripada orang lain betapa sangat beruntungnya saya memiliki waktu yang singkat dengan mereka.”

A Mood Swing Reunion tour akan mulai digelar dari tanggal 22 September dan dimulai dari Northridge, California AS hingga setidaknya November tahun ini.

Informasi lebih lanjut dapat diikuti di laman berikut t.ly/_33_

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker