Review

Michel Bisceglia & Carlo Nardozza – Eleven

Album: Eleven
Label: Prova Records, 2013

1. Bosonic
2. Scriabin
3. Prova 42
4. Eleven
5. Loop It or Leave It
6. Unknown
7. Tunisia

Michel Bisceglia & Carlo Nardozza - Eleven
Michel Bisceglia & Carlo Nardozza – Eleven

Dua pemusik asal Limburg, Belgia berdarah Italia yaitu pianis Michel Bisceglia dan peniup trumpet Carlo Nardozza hadirkan kolaborasi berbentuk duet piano/trumpet dalam album bertajuk Eleven. Digarap dengan cermat, rilis ini berisi tujuh buah komposisi yang menampilkan dialog kedua instrumen secara mendetil.

Bermula “Bosonic” lewat awalan piano resitatif yang kemudian temanya dimainkan trumpet, nomor ballad tersebut melaju mulus dan selanjutnya adalah “Scriabin” milik Vince Mendoza yang bernuansa serupa. Pada title track “Eleven,” Carlo menjadi juru bicara lewat tiupan atraktif, sedangkan Michel berikan struktur harmoni koheren.

Memainkan formasi duet tanpa seksi ritme bukanlah perkara mudah, diperlukan kepekaan musikal tinggi untuk menyasati ruang-ruang kosong yang riskan membuat bosan. Namun keduanya tampak berhasil mengatasi, simaklah “Unknown” yang sarat spontanitas juga lapisan teknik looping dalam “Loop It or Leave It,” dimainkan tunggal oleh Carlo melebur elemen-elemen bunyi Mediteran, Balkan hingga New Orleans.

Introduksi trumpet virtuosik memecah kesunyian atas sajian nomor terakhir “Tunisia” pun iramanya cukup energik ketimbang trek lainnya, oleh tarian jemari Michel. Tak ketinggalan pula album ini mendaftar satu komposisi untuk piano tunggal, diberi judul “Prova 42” yang hening, mengalir halus serta puitis.

Musisi

Michel Bisceglia: piano
Carlo Nardozza: trumpet

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker