FestivalNews

9th ANNUAL MARY LOU WILLIAMS WOMAN IN JAZZ FESTIVAL 2004

Sebagai pionir artis jazz wanita, Mary Lou Williams menciptakan komposisi-komposisi indah yang pernah ada. Ia memulainya sebagai “pemain piano cilik” dari Pitsburgh yang kemudian menjadi sumber inspirasi bagi insan musik khususnya jazz dunia. Ia adalah seorang komposer, pianis dan penggubah komposisi-komposisi jazz legendaris.–mulai dari boogie-woogie dan blues, ragtime dan swing, impresionisme, bebop dan di luar itu. ia juga memainkan komposisi-komposisi dari legenda jazz sepertiBenny Goodman, Duke Ellington dan Thelonious Monk.

Perannya di belakang panggung, Mary Lou merupakan seorang mentor yang disegani, seorang penganut humanitarianisme dalam bermusik, dan menjadi panutan oleh artis-artis wanita yang muncul setelahnya. seorang wanita yang memiliki “since burst forth (have no idea)” ke dalam arus utama/mainstream untuk menyumbangkan pengaruhnya kepada dunia musik jazz, dan membentuk suara atau tune khasnya, tipikal dan ekspresi dari keunikannya tersendiri.

Karena itulah Kennedy Center, yang dinaungi oleh kepemimpinan seorang doktor penasehat musik dan tata artistik Dr. Billy Taylor – juga seorang pianis dan pimpinan Billy Taylor Trio – melanjutkan perjalanan wanita ini dalam musik jazz melalui Ninth Annual Mary Lou Williams Woman in Jazz Festival yang akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 13 Mei 2004. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain pertunjukkan, jam sessions, seminar dan diskusi-diskusi.

Untuk informasi dan jadwal acara Woman in Jazz anda dapat membuka situs www.kennedy-centre.org

***

Sekelumit mengenai Mary Lou Williams

Pianis Mary Lou adalah salah satu seorang musisi progresif dan selalu berorientasi ke depan dalam bermain, memainkan irama boogie woogie di awal-awal karirnya. kemudian ia mengadaptasikan permainannya dengan bebop. ia bermain lebih berani berimprovisasi yang beda tanpa menghilangkan sentuhan blues dan intensitas bermain dengan perasaan. ia merupakan seorang komposer dan penggubah vital dalam keterlibatannya dengan Andy kirk`s big band yang memainkan swing di tahun 30an, irama “waltz boogie” thn 1946.

Ia dilahirkan di Mary Elfrieda Scruggs, Atalanta pada tgl 8 mei 1910 dan menjalani masa mudanya di Pittsburgh di mana ia mulai bermain dalam karnival dan pesta tradisional setempat dengan nama Mary Lou Burley. pada tahun 1925 ia bergabung dengan grup yang di motori oleh John Williams. kemudian mereka berdua menikah dan akhirnya bermain bersama dengan menyandang nama Mary Lou Willams.

Pada tahun 1930 ia diterima sebagai anggota penuh dari Andy Kirk`s big band dan selalu memainkan komposisinya yakni “Froggy Bottom, Walkin and Swingin` dan Little Joe from Chicago” dan kontribusi solo-solonya yang indah ke dalam band tsb. selama karirnya ia juga menulis dan mengaransemen komposisi-komposisi untuk Benny Goodman (“Camel Hop” dan “Roll `em”), Earl Hines dan Tommy Dorsey.

Williams tampil bersama bandnya pada tahun 1942 dengan keikutsertaan pemain terompet Shorty Baker yang juga akhirnya menjadi suami keduanya. Dia mengaransemen komposisi-komposisi Duke Ellington dan menulis sebuah komposisi “Trumpet no end” ke dalam orkestranya.dalam penampilan perdana jazz orkestra dan simfoni oleh musisi-musisi jazz, New York Philharmonic membawakan komposisinya yang berjudul “Zodiac Suite” di Carniege hall. Selama tahun 40an ia juga menulis dan mengaransemen untuk big band yang di pimpin oleh Dizzy Gillespie dan lagu seperti “In the Land of oo-bla-dee” dan “Satchel-Mouth Baby”.

Pada tahun 1954 ia memutuskan untuk berhenti bermain musik. Ia mulai terlibat dalam masalah pribadi di lingkungan komunitas musiknya. Berselang 3 thn kemudian ia bergabung dengan Dizzy Gillespie dan bermain di Newport Jazz fest.

Selama tahun 60 hingga 70an ia bermain di klub-klub kota New York, merekam dan mengkomposisi lagu-lagu rohani bernuansa jazz orkestra seperti “Black christ of the andes” damn”Mary Lou Mass”. Proyek-proyeknya yang bersifat edukatif ditunjukannya dengan merekam “History of Jazz”. ia menjadi anggota “University Duke faculty” pada tahun 1977 hingga ia menutup mata 28 Mei 1981.

Seluruh artikel bersumber dari All Music Guide To Jazz yang ditulis oleh Rom Wynn dan Dan Morgenstern.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker