News

HANS KOLLER – SAKSOFONIS ASAL AUSTRIA TUTUP USIA

HANS KOLLER – SAKSOFONIS ASAL AUSTRIA TUTUP USIA
Komposer Hans Koller yang juga peniup saksofon diberitakan meninggal dunia tanggal 21 desember lalu karena sakit radang paru-paru di Vienna, Austria dalam usia 82 tahun. Ia pernah main bareng Dizzy Gillespie, Benny Goodman dan Stan Kenton.

Hans Koller yang lahir di Vienna tahun 12 Februari 1921, belajar tenor saxophone diusia muda dan telah mahir menggunakan instrumen ini, hingga saat berusia 14 tahun Vienna Music Academy memindahkannya ke semester 5 saat ia baru mendaftarkan diri disekolah ini.

Sempat mengikuti wajib militer bahkan menjadi tawanan perang. Usai perang ia kembali bermain musik dan bekerja di Jerman. Bersama pianis Jutta Hipp, bassist Shorty Roeder dan drummer Karl Sanner ia mendirikan sebuah kwartet cool-jazz – yang berpengaruh bagi band jazz Jerman yang lain.

Akhir 1950-an, Koller memutuskan menetap di Europa meskipun banyak tawaran main dan rekaman di Amerika. Ia tampil bersama Dizzy Gillespie, Lee Konitz, Zoot Sims, Stan Kenton dan Benny Goodman ketika para musisi ternama ini datang ke Eropa.

Di tahun 60-an Koller pindah ke Hamburg dan menjadi musical director NDR Jazzworkshop, yang dilanjutkan dengan kerjasamanya bersama gitaris Attila Zoller dan pianis Martial Solal.

Ia pindah lagi ke Vienna di tahun 1970 dan mulai bermain free jazz bersama Free Sound Ensemble-nya. Ia juga bekerja dengan beberapa big band dan ensembel kecil, bermain berbagai gaya hingga akhirnya memutuskan pensiun dari dunia musik ditahun 1995.

Permainan Hans Koller dapat dinikmati dalam album seperti Wolfgang Dauner Kunstkopfinfianer (1974), Klaus Doldinger Works & Passion (2001), Lars Gullin In Germany 1955, 1956 and 1959, Vol. 2 (2002), Hans Koller Magic Mountain (1999 – bermain piano), Wes Montgomery Live in Europe (1965), Oscar Pettiford Vienna Blues: The Complete Session(1959), Jim Rattigan Unfamiliar Guise (2000) dan Cuco Sanchez Voz de Mexico (1991).

Berikut ini daftar lengkap diskografi Hans Koller :
Hans Koller’s New Jazz Stars Vogue
1954 Hans Koller Discovery
1957 Hans Across the Sea Vanguard
1957 Hello, Baden Baden Jazzline
1962 Multiple Koller L & R Music
1979 The K&K in New York L & R Music
1979 The Horses L & R Music
1980 Live at the Jazz Festival Frankfurt L & R Music
1996 Some Winds Rst
– The Concert: 23 June 1958 [live] Jazzline

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker