Review

Magnus Lindgren – Fyra

Multi-instrumentalis Magnus Lindgren yang dikenal lewat permainan saksofon dan flute sebagai alat musik prinsipal kembali ke bentuk kuartet pada “Fyra” (alias Four). Namun, meski hadir dalam idiom akustik, warna urban format radio smooth jazz seolah menyala hangat pada komposisi perkenalan “Park Avenue” yang dikawal rapat pola roll permainan stik sikat Jonas Holgersson pada snare. Walaupun bukan tema utama rilis ini, sentimen serupa muncul pada “Istanbul” yang lebih punya impresi soliter.

Magnus Lindgren - Fyra
Magnus Lindgren – Fyra

Pilar dominan kuartet ini adalah improvisasi aktif kontrabas Palle Danielsson yang kendati berkonteks iringan, tetap terdengar sebagai melodi komplemen, misalnya pada folk balladVisa från Rättvik” dengan Lindgren mainkan klarinet atau pada longgarnya ruang mengambang “Monday Afternoon“. Sebagai sesama figur Swedia, Danielsson punya tempat tersendiri di kancah dunia berkat penampilannya untuk Keith Jarrett selama periode European quartet sejak 1974, sedangkan Lindgren yang nyaris 30 tahun lebih muda mendapat klaim sanjungan dari penulis kritik negaranya untuk garapan orkestra sebagai konduktor, sebuah penyetaraan ke acuan Amerika, “Sweden’s answer to Quincy Jones“.

Sebagai solois, rekan kuartet lainnya, pianis Anke Helfrich yang bergantian dengan Daniel Karlsson lebih larut di latar, walaupun ada porsi tampil ke depan, misalnya pada “Chinatown Run” yang up tempo dalam langkah swing seksi ritme yang sibuk. Yang menarik di ujung album ada rendisi lagu Michael Jackson “I Just Can’t Stop Loving You” dalam imposisi groove berhitungan ganjil dan balut romantis hembus flute. Setelah sebelumnya “Batucada Jazz” (2009) mengambil tema meriah karnaval Brazil, apakah nomer tadi sinyal sebuah arah baru? Yang jelas Ira Coleman (Sting) memproduseri Lindgren untuk SOULS yang akan menampilkan vokal Gregory Porter, Ivan Lins, Mark Reilly (Matt Bianco), Marie Fredriksson (Roxette), dll. di 2013.

Daftar Lagu “Fyra” (Gazell, 2013)
1. Park Avenue
2. Fyra
3. Visa från Rättvik
4. Chinatown Run
5. Raval
6. Monday Afternoon
7. Istanbul
8. Soho Blues
9. I just can’t stop loving you

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker