Review

Sophie Alour – Opus 3

Album: Opus 3
Label: Plus Loin Music, 2009

01. Grekerna
02. Mystère et boule de gomme!
03. Eloge du lointain
04. Ode à Arthur Cravan
05. Haunted
06. En ton absence
07. Why People Always Laugh About Serious Things?
08. Pensée vagabonde
09. Caprice
10. Karlston
11. Petite anatomie du temps qui passe…

Sophie Alour - Opus 3
Sophie Alour – Opus 3

Tanpa bermaksud untuk takhayul, angka tiga sepertinya memberi arti tersendiri sehubungan dengan rilis ketiga Opus 3 milik saksofonis Sophie Alour ini. Selain tajuknya yang jelas mengindikasikan karya ketiga Sophie, pun sebagai kali perdana ia mengusung formasi piano-less trio.

Bersama partner musisi Yoni Zelnik dan Karl Januska, Sophie hadirkan sebelas nomor orisinil menjawab tantangan harmonik atas absennya instrumen piano. Album ini menarik untuk disimak karena di samping ketiga pemain tampil solid juga menunjukkan cermatnya Sophie dalam olah komposisi yang virtuosik serta personal.

Menjalin antara gubahan tertulis dan improvisasi bebas, tensi awal dibangun lewat nomor pembuka “Grekerna” sebagai penanda tone color saksofon tenor Sophie. Kemudian beralih sengau saksofon sopran pada “Mystère et boule de gomme!” berkesan funky dan angular dilanjutkan kontrabasis Yoni yang ambil bagian dalam laju swing sedatif “Ode à Arthur Cravan.”

Kesan parodi muncul pada ayunan “Why People Always Laugh About Serious Things?” sedangkan tempo inkonsisten mengalir lepas saat memutar “Haunted” maupun “Pensée vagabonde” yang berbunyi lirih. Beat sinkopatik Karibia meliputi tiupan sirkuler “Eloge du lointain” serta denyut bop-ish “Karlston” patut untuk disimak berikut buaian “En ton absence” sebagai nomor termanis yang menyatakan sensitivitas ballad seorang Sophie Alour.

Personil

Sophie Alour: saksofon
Yoni Zelnik: kontrabas
Karl Januska: drum

 

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker