Review

Horace Silver – Total Response

Suatu ketika Horace Silver mengatakan; “Musik datang melalui saya, bukan dari saya”.
Silver tidak merasa bahwa dia berada di depan, kecuali dia melakukan tiga fase “Amerika Serikat”.
“Ketika saya mengarang, saya bertanya pada diri sendiri tentang musiknya, apakah itu akan bertahan dalam ujian waktu? Apakah akan tetap disini bertahun-tahun setelah saya pergi? Saya tidak menganggap diri saya lebih dulu dari waktu saya”, kata Horace Silver bijak. Dan terbukti karya musik darinya mampu bisa dinikmati bukan hanya digenerasinya tetapi generasi setelahnya.
“Total Response” adalah album yang dirilis pada April 1972 di remaster digital pada 2012.
Ini adalah album jazz hebat dari Silver, nama yang identik dengan Blue Note Records, The Jazz Messengers dan di genre hard-bop.
Debut Silver sebagai pimpinan untuk lebel ikonik dimulai pada tahun 1955 dengan, “Horace Silver and The Jazz Messengers” dan selesai pada tahun 1979 dengan vokal, “Silver N Strings Plays the Music of the Spheres”. Dia menyumbangkan beberapa komposisi jazz yang lebih produktif.
Permainan piano Silver memiliki pendekatan upbeat yang khas dan ritmenya dirancang dengan memikirkan kaki untuk menari.
Popularitas musik Horace Silver bertahan hingga hari ini sebagian karena optomisme yang melekat ini.
Album ini didukung oleh para musisi jazz seperti: Cecil Bridgewater (trompet, flugelhorn), Horald Vick (tenor saksofon), Richie Resnicoff (gitar), Bob Cranshaw (elektrik bass), Mickey Roker (drums), Salame Bay dan Andy Bey (vokal), serta Horace Silver (elektronik piano). Total ada sebanyak sembilan buah komposisi yang ada di album ini, semuanya ditulis oleh Horace Silver diantaranya adalah: “Acid, Pot or Pills”, “What Kind of Animal Am I”, “Won’t You Open Up Your Senses”, “I’ve Had a Little Talk”, “Soul Searching”, “Big Business”, “I’m Aware of the Animals Within Me”, “Old Mother Nature Calls”, dan “Total Response”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker