Review

Scott Kinsey – Kinesthetics: Rindu Fusion & Groove Zawinul

Kinesthetics (Abstract Logix 2006)

Scott Kinsey - Kinesthetics (cover)
Scott Kinsey - Kinesthetics (cover)

1. Kinesthetics
2. This is That
3. Sometimes I…
4. The Combat Zone
5. Quartet
6. Wishing Tree
7. Big Rock
8. Uncle Pats Gypsy Van
9. Under Radar Intro
10. Under Radar
11. Shinjuku
12. One for Jinshi

Gen warisan nabi fusion Joe Zawinul tegas terdengar pada bebunyian sintetik keyboard dan kegandrungannya mencoba-coba teknologi mutakhir. Entah itu vocoder ataupun rangkaian sampel, roh sesungguhnya dari musik Scott Kinsey adalah ritme (lagi-lagi merujuk Zawinul). Hanya di tangan yang dinginlah, racikan ritme menciptakan groove. Penganut fanatik jam band bisa menangis-darah menyimaknya mengalir misterius dalam “This Is That”. Elaborasi lainnya adalah pengaruh kekayaan world music, yang segera diperkenalkan trek pembuka “Kinesthetics” untuk diamini lainnya. Latar ensambel perkusi yang tersembunyi khusyuk di offbeat nomer ini seperti irama reggae, sementara yang kental di permukaan adalah solo vertikal tenor Steve Tavaglione.

Selain Tavaglione yang namanya muncul hampir di keseluruhan lagu, album ini juga melibatkan alumni Tribal Tech. Nama grup medio 80 hingga 90-an ini turut dikibarkan oleh Kinsey (selulusnya dari Berklee – 1991) dan tidak boleh dilupakan dalam silsilah genealogi jazz-rock-fusion. Di situ ada drummer Kirk Covington, bassis Gary Willis, serta tentunya gitaris Scott Henderson. Penampil bintang Kinesthetics lainnya adalah trumpetis Walt Fowler & Tim Hagans, perkusionis Alex Acuna, drummer Vinnie Colaiuta, gitaris Michael Landau, serta bassist Abraham Laboriel & Robert Hurst.

Kinsey menjajal laju swing dalam putaran jam “Sometimes I…”. Solonya bak osilasi di sekitar sumbu yang bertranslasi halus, timbul-tenggelam memanfaatkan attack dan sustain khas keyboard elektronik secara matang. Dengan ide solo yang sama “Quartet” meluncur dalam putaran jam lebih cepat dengan nyaris meninggalkan dunia digital. Hal lain yang ia garap di album ini adalah liuk instrumen melodica untuk ballada “Wishing Tree” dan “Under Radar Intro”.

Eksperimen electronica cukup berbahaya untuk menjebak seseorang diperbudak teknologi. Namun, di belakang pelatuk ini rupanya bukan anak kemaren sore. Komposisi “The Combat Zone” menjadi pengembaraan digital yang manis. Seolah sedang memutar-mutar penala radio, ada siaran Motown, kanal stasiun yang memutar Miles ataupun soul. Ini tidak segalak petualangan improvisasi sampel “Uncle Pats Gypsy Van”.

***

Musisi:
Scott Kinsey (melodica, piano, keyboards, vocoder), Scott Henderson (guitar), Michael Landau (guitar), Jinshi Ozaki (acoustic guitar), Steve Tavaglione (sax), Kirk Covington (drums), Cyril Atef (drums, perc, vox), Vinnie Colaiuta (drums), Gary Willis (bass), Abraham Laboriel Sr. (bass), Armand Sabal-Lecco (bass), Jimmy Earl (bass), Robert Hurst III (acoustic bass), Paul Shihadeh (bass), Alex Acuna (percussion), Arto Tuncboyaciyan (percussion, vox, beer bottle), Brad Dutz (percussion), Satnam Ramgotra (tablas), Tim Hagans (trumpet), Mammady Keita (sampled vox & percussion), Ronald Bruner Jr. (drums).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker